Di Hadapan Enam Kepala Daerah, Gubernur Gaungkan Semangat Industrialisasi

Peluncuran kendaraan listrik untuk NTB Gemilang oleh Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah dan Forkopimda NTB di Halaman Kantor Gubernur, Jumat, 26 Februari 2021. (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc., menggaungkan semangat industrialisasi di hadapan enam pasangan kepala daerah yang baru saja dilantik menjadi Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota. Era kendaraan listrik, kata Gubernur, tak bisa dihindari.

‘’Bahkan Joe Biden, Presiden Amerika Serikat, program pertamanya adalah melarang penggalian bahan bakar fosil. Karena dalam waktu tidak terlampau lama, Amerika, Eropa bahkan China akan menggunakan kendaraan listrik,’’ ujar Gubernur saat peluncuran era kendaraan listrik untuk NTB Gemilang di Halaman Kantor Gubernur, Jumat, 26 Februari 2021.

Iklan

Gubernur mengatakan, NTB bukan latah atau ikut-ikutan menggunakan kendaraan listrik.  Tetapi, ia menegaskan bahwa penggunaan kendaraan listrik adalah tuntutan dunia ke depannya.

Gubernur yang biasa disapa Dr. Zul ini, NTB mampu membuat motor listrik, bukan karena ingin membuat industri motor listrik. Tetapi hanya ingin menunjukkan bahwa orang NTB, baik Lombok, Sumbawa dan Bima bisa membuat kendaraan listrik.

‘’Jangankan bikin masker, bikin motor listrik juga bisa. Kenapa kita bikin motor listrik. Karena ingin menunjukkan pada dunia. Jangankan produk sederhana, kalau dikasih kesempatan, UMKM kita  bisa memproduksi cold storage solar cell (tenaga matahari), motor listrik dan rapid test antigen buatan NTB,’’ katanya.

Selama ini, kata Dr. Zul, orang terlampau menikmati produk-produk buatan luar. Memang dari sisi harga cukup kompetitif, dan kualitasnya lebih baik dibandingkan produk UMKM lokal.

“Tapi mudah-mudahan dengan semangat Bupati/Walikota baru yang terpilih ada semangat untuk bangga menggunakan produk-produk NTB sendiri,” harap orang nomor satu di NTB ini.

Sebagaimana diketahui, UMKM atau masyarakat NTB telah mampu memproduksi produk-produk yang canggih, seperti kendaraan listrik merk Lebui, Ngebuts, Lingsar dan lainnya. Selain mampu memproduksi kendaraan listrik, NTB juga mampu memproduksi alat rapid test atau tes cepat antigen yang dibuat Laboratorium Hepatika Mataram yang berkolaborasi dengan Rumah Sakit Universitas Mataram (Unram).(nas)

Advertisement filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional