Di Ajang Raimuna Daerah, HMS Beri Motivasi Pramuka NTB

Giri Menang (Suara NTB) – Di masa resesnya kali ini, Anggota DPR RI, H. M. Syafrudin, ST, MM (HMS) meluangkan waktunya untuk memberikan motivasi kepada para peserta Raimuna Daerah Pramuka Penegak Pandega NTB di Bumi Perkemahan Karang Bayan, Lingsar, Lombok Barat.

Dalam kesempatan kunjungannya ke lokasi digelarnya Raimuna tersebut, Senin, 19 Desember 2016, HMS menceritakan berbagai pengalaman mengesankan yang telah ia lalui sebagai seorang anggota Pramuka. HMS memulai jenjang kepramukaan sebagai seorang siaga, penggalang, penegak hingga dia tercatat sebagai anggota DPR RI pada kepengurusan Kwarnas Pramuka atau disebut andalan nasional.

Iklan

Dalam kesempatan tersebut, HMS meminta anggota pramuka agar bisa menjadi motivator bagi generasi yang lainnya. Ia juga meminta agar anggota pramuka bisa menjadi penopang bagi sesama.

Dalam menghadapi Raimuna Nasional Agustus 2017 nanti, HMS meminta agar kontingen NTB selalu siap, baik mental maupun fisik. Sebab, arena Raimuna Nasional penuh dengan kegiatan yang harus diikuti oleh peserta. Setelah mengutarakan hal itu, HMS lalu bertanya kepada peserta, “Apakah kalian siap?” Dengan serentak peserta menjawab, “Siap!”

Kepada wartawan yang menemuinya di sela kegiatan, HMS menegaskan bahwa Pramuka adalah sebuah ekstrakurikuler yang sangat bagus untuk pengembangan kepribadian dan mental generasi muda. HMS merasakan sendiri bagaimana ia digembleng menjadi pribadi yang lebih baik berkat keikutsertaannya di Pramuka.

“Karena gerakan pramuka ini memiliki sumpah dan janji sendiri. Kalau di ABRI itu Sapta Marga, di Pramuka ini ada Tri Satya dan Dasa Darma,” ujarnya. Bagi HMS, berpramuka tidak hanya sekadar menjalani sebuah kegiatan untuk mengisi kekosongan semata. Lebih dari itu, jika dihayati, nilai-nilai yang diajarkan lewat kegiatan Pramuka bisa mendorong terciptanya kader-kader bangsa yang unggul di bidangnya.

Karena itulah, ia berharap kelak para anggota Pramuka yang sedang bersamanya di ajang Raimuna tersebut bisa mengikuti kiprahnya hingga ke tingkat nasional, meski tidak harus menjadi seorang politisi.

Kepada HMS, Ketua Dewan Kerja Kwarcab Pramuka Lombok Timur, Aditya Mutaqin, mengutarakan harapannya agar di ajang Raimuna Nasional 2017 mendatang, Provinsi NTB mendapatkan jatah peserta yang lebih banyak. Tujuannya, untuk menampung besarnya antusiasme peserta Gerakan Pramuka di Lombok Timur. Ia menjelaskan, di Lombok Timur, terdapat Gerakan Pramuka di 20 kecamatan ditambah dengan tiga satuan komunitas yang semuanya antusias.

“Jadi harapan kami, kami bisa membagi kesempatan kepada seluruh kecamatan yang ada di Lombok Timur, termasuk satuan komunitas yang ada di Lotim,” ujarnya.

Aditya mengaku dirinya dan rekan-rekannya juga terinspirasi oleh apa yang telah dicapai HMS selaku seorang yang besar dari Gerakan Pramuka. Sukses yang diraih HMS dalam karir politiknya telah membuktikan bahwa Pramuka memang bisa membangun banyak karakter positif dalam diri seseorang.

“Memang dari Pramuka, banyak hal itu terbangun. Disiplin, karakter, dan segala bentuk kebaikan di Pramuka itu bisa diaplikasikan dalam kehidupan, itu bisa diaplikasikan dalam segala bentuk profesi. Dan ini kami sangat terinspirasi dengan Kak Syafrudin,” ujarnya. (aan/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here