Dewan Serahkan 14 Nama Calon Anggota KPID ke Gubernur

Mahdi Muhammad (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Komisi I DPRD Provinsi NTB telah tuntas melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 21 calon anggota KPID NTB. Dari 21 nama tersebut, Komisi I kemudian akan menjaring sampai 14 besar.

Selanjutnya sebanyak 14 nama calon anggota KPID NTB tersebut akan diserahkan ke Gubernur NTB untuk ditetapkan dan kemudian dilanjutkan dengan proses pelantikan. Dengan demikian ada 7 orang yang dipastikan gugur oleh DPRD.

Iklan

Sekretaris DPRD Provinsi NTB, Mahdi Muhammad yang dikonfirmasi membenarkan bahwa DPRD sudah melaporkan hasil seleksi ke Gubernur. “Fit and proper tes sudah selesai dan sudah dilaporkan ke pak Gubernur,” ungkapnya.

Lanjut Mahdi, keputusan tujuh orang yang akan menjadi anggota KPID tersebut merupakan domain kewenangan Gubernur. Tentunya diputuskan berdasarkan hasil uji kelayakan yang dilakukan DPRD NTB. “Selanjutnya sudah menjadi kewenangan Gubernur untuk menentukan sesuai hasil fit and propertes DPRD,” terangnya.

Berdasarkan aturan, bahwa 14 orang yang calon anggota KPID NTB yang diserahkan ke Gubernur tersebut sudah diurutkan berdasarkan perangkingan. Rangking 1-7 akan ditetapkan sebagai anggota definit KPID, sementara urut 8-14 statusnya menjadi cadangan.

“Sesuai aturan 7 orang ditetapkan jadi anggota KPID, dan 7 orang menjadi cadangan,” jelas Mahdi, sembari menyampaikan bahwa pihaknya tidak bisa mengungkapkan siapa-siapa 14 nama yang diserahkan ke Gubernur NTB tersebut.

Namun diketahui adapun 21 orang yang mengikuti fit and propertes di Komisi I DPRD NTB yakni terdiri dari 4 orang calon petahana antara lain, Fathurrijal, M.I.K, Husna Fatayati, S.Si.,M.Sos, Sahdan, S.Pd dan Yusron Saudi, ST., M.Pd.

Selanjutnya 17 orang merupakan peserta baru yang mengikuti seleksi uji kompetensi antara lain, Abdul Muluk, S.Pd.I, Afifudin Adnan, Agus Sulistiawan, Ahmad Afifi, SE, Ahmad Efendi, M.Si, Ajeng Roslinda Motimori, Auliya Rachman Chavez, Dachlan A. Bandu, Darsono Yusin Sali, Dedi Suhadi, S.Sos, Hesty Rahayu, ST.,MM, Indra Jaya, SH., Kamran Zain, Lalu Saparudin, SS, Linggauni, SH, Marga Harun dan Nurhidayati Arifah, S.Pd. (ndi)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional