Dewan Nilai Usulan Revisi RPJMD Sudah Terlambat

Mataram (suarantb.com) – Kalangan DPRD menilai  usulan  Pemprov untuk melakukan revisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2013-2018 sangat tidak beralasan. Pasalnya, tenggat waktu masa pemerintahan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi dan H. Muh. Amin, SH, M.Si tersisa kurang dari dua tahun sehingga dinilai sudah terlambat.

Hal tersebut dikatakan Anggota Komisi II DPRD NTB, Ir. Made Slamet, MM  kepada suarantb.com, Selasa 9 Agustus 2016. Menurutnya revisi  RPJMD sangat mungkin dilakukan jika sisa masa jabatan gubernur dan wakil gubernur masih lama. “Kalau mau ya dulu, setahun yang lalu lah. Ketika waktu pemerintahan sudah mendekati akhir revisi RPJMD hanya akan menuju kesia-siaan,” ujarnya.

Iklan

Politisi  PDI Perjuangan ini mempertanyakan apa yang menjadi alasan Pemprov NTB sehingga mengusulkan revisi RPJMD. Jika  alasannya terkait dengan kondisi anggaran, menurutnya sangat tidak beralasan. “Apapun tidak akan bisa, kalau tidak dilaksanakan dengan baik. Ndak dilaksanakan ini. kita ngeluh kurang uang, di bank mau dikemanakan uang orang,” katanya.

Slamet menilai Pemprov  belum fokus pada program-program yang sudah direncanakan. Ia mengatakan pemerintah sekarang ini terkesan menempatkan sumber daya manusia yang tidak tepat pada posisi-posisi strategis. “Mungkin saja memilih orang yang tidak tepat, bisa saja seperti itu,” duganya.

Sebagai anggota dewan, Slamet mengatakan dirinya  hanya bisa memberi arahan dan pertimbangan-pertimbangan. “Bukan masalah setuju nggak setuju, sudah di penghujung ini, bentar lagi pilkada. Kan mereka yang menjalankan kok. Kita kan hanya bisa mengontrol,” ucapnya.

Slamet menganalogikan rencana revisi RPJMD tersebut seperti pertandingan sepak bola yang tengah memasuki menit terakhir di ujung laga. Lantas pelatih menginstruksikan untuk merubah strategi. Hal tersebut, katanya,  akan menjadi tak berarti dan  hanya menyia-nyiakan efektivitas waktu yang masih tersisa.

Daripada melakukan revisi RPJMD, lanjut Slamet lebih baik waktu yang tersisa ini digunakan sebaik mungkin. Dengan lebih fokus melaksanakan program-program yang ada. (ast)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here