Dewan Minta Mutasi Pejabat Tak Berdasarkan Kedekatan

Mataram (suarantb.com) – Anggota DPRD NTB, Raihan Anwar, SE meminta  kepada Pemprov agar melakukan mutasi sesuai dengan prinsip profesionalisme, berdasarkan keahlian yang dimiliki pejabat. Dan tidak melakukan mutasi pejabat karena unsur kedekatan politis dan emosional semata.

“Mutasi harus berdasarkan manage system, profesional dan tidak karena kedekatan politis,” ujar Raihan, Selasa, 6 Desember 2016.

Iklan

Menurutnya, pemberlakuan mutasi bagi pejabat sebagai bagian dari kebijakan yang telah diatur di dalam undang-undang merupakan sebuah kewajaran. Akan tetapi, prinsip profesionalisme harus menjadi dasar dalam praktiknya di lapangan.

Jangan sampai terjadi pemindahan jabatan di luar dari ketentuan tersebut. Karena bisa memberikan dampak yang kurang baik terhadap kinerja dari pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bersangkutan.

“Saya kira mutasi itu wajar, tapi harus sesuai undang-undang ASN dan prinsip profesionalisme,” katanya.

Berbeda dengan Raihan, anggota DPRD NTB  lainnya,  TGH. Hazmi Hamzar justru tidak setuju dengan kebijakan mutasi pejabat ASN pasca penetapan APBD. Karena hal tersebut bisa berdampak buruk terhadap kinerja pejabat yang bersangkutan.

“Saya kira tidak baik itu, kalau mau mutasi sebaiknya sebelum APBD diketok,” ujarnya.

Menurut politisi senior PPP NTB ini, pemerintah harusnya memberikan waktu lebih lama bagi para pejabat ASN dalam menjalankan tugasnya. Terlebih ketika RAPBD diajukan, pejabat yang bersangkutanlah yang terlibat aktif dalam merumuskan hal tersebut.

Oleh sebab itu, lanjut Hazmi, susah sepantasnya pejabat yang memiliki konsep dan rumusan tersebut yang kemudian menjalankan apa yang menjadi gagasannya. Yang dalam hal ini telah tertuang di dalam APBD.

Manakala pejabat yang bersangkutan dipindahkan, tentu hal itu tidak bisa terealisasi. Belum lagi ditambah dengan kenyataan bahwa pejabat yang menggantikannya nanti membutuhkan waktu lebih untuk melakukan adaptasi.

  Pemkab Lobar Jamin Pengisian Jabatan Bebas Transaksi

“Masa dia yang punya konsep terus orang lain yang mengerjakan, kan repot,” katanya.

Hazmi mengharapkan  agar pejabat yang memiliki prestasi lebih pada bidangnya agar tetap dipertahankan. Mengingat relasi yang sudah ia bangun baik pada tataran pemerintah lokal maupun nasional.
“Usul saya agar mereka dipertahankan terus, pejabat yang sudah baik ini,” tandasnya. (ast)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here