Dewan Dorong OPD Stabilkan PAD Tahun 2021

Sembirang Ahmadi (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pandemi Covid-19, mengakibatkan pendapatan daerah mengalami penurunan mencapai 0,45 persen di tahun 2020. Penurunan pendapatan berpotensi terjadi lagi di tahun anggaran 2021 ini, lantaran pandemi Covid-19 masih belum tuntas.

Komisi III DPRD Provinsi NTB yang membidangi urusan keuangan menyoroti sektor yang menjadi sumber pendapat paling terpuruk yakni pertama pendapatan pajak daerah yang menurun sebesar Rp76,65 miliar atau 5,46 persen. Kedua pendapatan dari hasil retribusi daerah menurun sebesar Rp 4,72 miliar atau 21,98 persen.

Iklan

Untuk mengantisipasi hal itu terjadi lebih parah di tahun angggaran 2021 ini. Komisi III DPRD NTB mendorong OPD penghasil Pendapatan Asli Daerah (PAD) perlu membuat terobosan untuk meningkatkan PAD, baik secara ekstensifikasi maupun intensifikasi. ‘’Inovasi dalam upaya meningkatkan pemasukan perlu terus diupayakan,’’ ujar Ketua Komisi III DPRD NTB, Sembirang Ahmadi.

Disebutkan Sembirang pendapatan dari pajak kendaraan bermotor memang selalu melampaui target. Akan tetapi pada dasarnya pendapatan yang diperoleh selama ini, meskipun mencapai target, namun masih jauh dari potensi rillnya.

‘’Walaupun angka capaiannya melebihi target, tapi secara proporsional dirasa perlu ditingkatkan lagi. Dinas terkait perlu berinovasi dalam meningkatkan jumlah pungutan,’’ pesannya.

Politisi PKS itu juga menyoroti kinerja BUMD yang masih relatif cukup baik. Hanya saja Komisi III mendorong agar BUMD-BUMD tersebut perlu lebih hadir lagi untuk menguatkan UMKM di masa pandemi Covid-19 ini.

Seperti Bank NTB Syariah di samping tetap menjaga ritme bisnis yang sehat dan berkontribusi memberikan PAD.  Komisi III berharap semua BUMD termasuk Bank NTB Syariah perlu melakukan ekspansi bisnis dengan menggandeng UMKM sebagai pihak ketiga.

‘’Hal yang sama perlu dilakukan oleh BPR NTB untuk fokus membesarkan UMKM dan menjaga stabilitas indikator perbankan, salah satunya NPL yang rendah. Tahun 2021 ini Komisi III berharap Pemprov tetap menjaga pandemi tidak meningkat sekaligus stabilisati ekonomi,’’ pungkasnya. (ndi).

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional