Dewan Dorong Jalan Menuju Buwun Mas Sekotong Diperlebar

Akses jalan di Buwun Mas Sekotong  yang berbatasan langsung dengan KEK Mandalik ini sempit sehingga perlu diperlebar.(Suara NTB/her)

Giri menang (Suara NTB) – Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong menjadi daerah terdekat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Kabupaten Lombok Barat. Untuk itu, Pemerintah daerah didorong untuk meningkatkan kualitas infrastruktur jalan yang ada di Desa Buwun Mas menuju KEK tersebut. Pasalnya akses jalan menuju daerah ini masih sempit dan rusak.

Anggota DPRD Lobar H. Abdul Majid mengatakan, saat ini, status jalan yang ada di Desa Buwun Mas dengan perbatasan Lombok Tengah ini, masih berstatus jalan Kabupaten, kalau menunggu pemerintah Kabupaten Lombok Barat untuk melakukan peningkatan jalan tersebut. Tentunya akan sangat berat bagi pemkab Lobar. Untuk itu politisi dari PPP ini mendorong agar Pemkab Lobar mengusulkan agar jalan di Desa Buwun Mas yang ada di wilayah perbatasan bisa ditingkatkan statusnya dari jalan kabupaten menjadi jalan provinsi.

Menurut dia, Pengembangan pariwisata di wilayah Sekotong sangat butuh ketersediaan infrastruktur berupa jalan, apalagi di tahun 2021, pelaksanaan MotoGP sudah akan dilakukan. Maka untuk menunjang agar kawasan Sekotong bisa menjadi daerah penyangga, maka keberadaan jalan tersebut harus diperlebar. Sehingga dengan begitu, maka semua potensi wisata yang ada di kawasan wisata Sekotong menjadi satu kesatuan aksesnya dan mudah untuk dijangkau, mulai dari Buwun Mas, Pelangan, Memaki, Gili Gede, dan pulau yang lainnya, keberadaan jalan ini akan menjadi jalan lingkar selatan di kawasan Sekotong.

Untuk bisa menaikkan status jalan ini, maka pihaknya mendorong agar Pemkab Lobar mengajukan agar jalan tersebut ditingkat statusnya dari jalan kabupaten menjadi jalan provinsi. Terkait dengan peningkatan jalan di wilayah Sekotong Buwun Mas, Bupati Lombok Barat  H. Fauzan Khalid sudah meminta agar pelebaran jalan dari Kawasan Sekotong menuju Mandalika mendapat perhatian dari pemerintah pusat, melalui Kemenkomaritim dan Investasi yang disampaikan beberapa waktu lalu. Tujuannya untuk menunjang proyek Mandalika dan penyelenggaraan MotoGP tahun 2021 nanti.

Bupati mengungkapkan, dari hasil rapat didapat informasi bahwa kementerian sudah ada perhatian untuk menerima usulan dari Pemkab Lobar dan Pemprov terkait dengan pelebaran jalan Sekotong-Mandalika. “Untuk jalan Sekotong -Mandalika baru 50-50 perhatian dari Menkomaritim,” kata Bupati. Rencananya pelebaran jalan akan di mulai dari Pelabuhan Gili Mas menuju Sekotong Buwun Mas tembus hingga ke Kawasan Mandalika. Usulan ini sesuai dengan apa yang diusulkan juga oleh pemerintah Provinsi NTB. (her)