Dewan Desak APH Segera Tangkap Cukong Pembalakan Liar di NTB

Mataram (suarantb.com) – Kalangan DPRD NTB mendesak aparat penegak hukum (APH) segera menangkap pelaku intelektual atau cukong pembalakan liar yang selama ini menjadi biang keladi rusaknya hutan di NTB.Lemahnya penegakan hukum terhadap pelaku pembalakan liar dinilai menjadi persoalan lain yang menyebabkan tingginya angka kerusakan hutan di NTB.

Ketua Komisi II DPRD NTB, H. Lalu Jazuli Azhar, M.Si kepada suarantb.com menyampaikan, harus ada tindakan tegas dari APH untuk memberikan sanks bagi para pelaku yang merusak hutan. Ia menegaskan, hal itu tidak bisa terus menerus dibiarkan karena akan menyebabkan bahaya nyata di kemudian hari. “Kalau memang terbukti, tangkap saja,” ujarnya.

Iklan

Ia mengatakan DPRD sebagai wakil rakyat tetap memberi dukungan penuh bagi aparat untuk menindak tegas mulai dari pelaku penebangan liar sampai aktor intelektual yang menjadi otak dari kejahatan terorganisir tersebut.”Kita tetap mensupport penegak hukum untuk tegas di dalam penindakan ini,” tambahnya.

Sejauh ini, tercatat ada 14 kasus illegal loging masuk ke meja penyidik Ditreskrimsus Polda NTB. Hanya saja, dari sejumlah kasus itu barus sebatas warga yang mengambil kayu. Namun cukong belum ada yang tersentuh. (ast)