Dewan akan Sikapi Nasib Nelayan di Teluk Cempi

Muttakun. (Suara NTB/Jun)

Dompu (Suara NTB) – DPRD Kabupaten Dompu, prihatin atas nasib 1.600 nelayan penangkap benih lobster di Teluk Cempi Kecamatan Huu. Pasalnya, penghentian izin ekspor biota laut tersebut membuat mereka kehilangan mata pencaharian utama. Kondisi ini lantas direncanakan menjadi agenda pembahasan legislatif untuk pemecahan masalahnya.

Ketua Komisi I DPRD Dompu, Ir. Muttakun kepada Suara NTB, Kamis, 3 Desember 2020 menyampaikan, sebelum keputusan penghentian izin ekspor diambil mestinya pemangku kebijakan mempertimbangkan banyak hal, salah satunya nasib para nelayan penangkap benih lobster di daerah pesisir. “Pemerintah harusnya melihat realita yang ada, karena kebijakan ini sangat berdampak bagi masyarakat nelayan,” ungkapnya.

Iklan

Atas penghentian izin ekspor ini, ia meyakini nelayan penangkap benih lobster di berbagai daerah terdampak. Seperti misalnya di Teluk Cempi, mereka kini kehilangan mata pencaharian untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga.

Kalaupun kebijakan tersebut merupakan imbas dari penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo. Menurutnya cukup fokus pada penanganan kasus yang terjadi, bukan justru merembet pada persoalan lain yang berpotensi menggangu perekonomian masyarakat, apalagi ditengah pandemi Covid-19. “Kasustis saja sifatnya, jangan sampai mereka yang sudah lama mengusahakan pembenihan tidak bisa mengekspor. Karena itu pasti berpengaruh pada pendapatan mereka,” jelasnya.

Menyikapi nasib nelayan yang kehilangan mata pencaharian itu, Muttakun berencana membuat agenda khusus di legislatif untuk mencari solusi terbaik. Prinsipnya, mereka harus tetap bisa mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. “Sekarang saya juga belum melihat regulasi yang membuat nelayan terselamatkan dengan kebijakan penghentian itu. Makanya segera kami komunikasikan dengan teman-teman di DPRD untuk menyelamatkan nelayan. Perlu juga keterlibatan mitra dalam hal ini DKP,” pungkasnya. (jun)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional