Destinasi Bulan Madu Terbaik, Sembalun Ikut Kompetisi Tingkat Dunia

Selong (Suara NTB) – Kawasan Sembalun ditetapkan Kementerian Pariwisata sebagai salah satu destinasi wisata terbaik Indonesia, yakni dalam kategori, destinasi bulan madu ramah wisatawan Muslim. Terpilihnya salah satu destinasi wisata yang ada di wilayah Kabupaten Lotim menjadi bukti besarnya angka kunjungan wisatawan yang datang ke Sembalun.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Lotim, H. Hariyadi Djoewaeny kepada Suara NTB, Selasa, 27 September 2016. Penentuan pemenang ini dilakukan melalui proses e-voting. Pada Desember mendatang, Sembalun akan diikutkan lagi pada ajang kompetisi tingkat dunia yang digelar di Abu Dhabi.

Iklan

Bagi Disbudpar Lotim, terpilihnya Sembalun sebagai salah satu destinasi wisata halal yang diperlombakan oleh Kementerian Pariwisata ini, karena fakta Sembalun sebagai daerah yang mayoritas Muslim. Wisata yang ditawarkan para pelaku wisata Sembalun mengedepankan konsep wisata halal.

Diketahui, dari 15 pemenang kompetisi menjadi pilihan Kementerian Pariwisata ada empat kategori yang dimenangkan NTB. Ayam Taliwang sebagai Kuliner Halal Khas daerah, website Wonderful LombokSumbawa sebagai travel ramah wisatawan muslim, Hotel Novotel peraih resort ramah wisatawan Muslim terbaik.

Untuk Sembalun lanjut Hariyadi diketahui merupakan daerah yang cukup religius penduduknya dan ramah terhadap semua wisatawan. Daerah yang dikenal sejuk dan berada di bawah kaki Gunung Rinjani ini. Semua tempat-tempat penginapan yang ada di Sembalun ini memiliki tempat-tempat yang sangat menunjang perilaku religius. “Masing-masing tempat penginapan dan hotel ini sudah ada musalanya,” tuturnya.

Salah satu konsep wisata halal disarankan untuk mengaplikasikan perilaku wisata religi, seperti ada pengingat waktu salat, semua hotel harus ada musala. “Ini kita juga minta bisa terus disosialisasikan melalui PHRI kepada seluruh hotel yang ada,” ungkapnya. Terpenting pula adalah aspek kuliner yang harus halal. (rus)