Desa Tetebatu Layak Tampil di Tingkat Dunia

Wakil Gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalilah menyerahkan buku untuk perpustakaan desa ke Kepala Desa Tetebatu, Sabli.

Selong (Suara NTB) – Desa Tetebatu, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur (Lotim) mulai dipersiapkan dengan matang untuk bisa tampil dalam lomba Best Tourism Village United Nation-World Tourism Organization (UN-WTO). Penataan dan persiapan Tetebatu menjadi wakil Indonesia dalam kompetisi tingkat dunia, dikeroyok semua instansi pemerintah dan pihak terkait lainnya. Dipastikan, Tetebatu dipersiapkan agar layak tampil ke tingkat dunia.

Wakil Gubernur NTB,Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, Rabu, 8 September 2021 berkunjung ke Desa Tetebatu bersama para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov NTB. Hadir juga Wakil Bupati Lotim, H. Rumaksi Sjamsuddin yang juga didampingi para pimpinan OPD lingkup Pemkab Lotim.

Iklan

Wagub menegaskan, ia sengaja membawa OPD tak sekadar datang ke Tetebatu. Semua OPD mulai dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Pertanian, Dinas Pariwisata, Dinas Pendidikan, Dinas Perindustrian, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dan OPD terkait lainnya untuk ikut mengintervensi percepatan persiapan Desa Tetebatu menjadi peserta lomba.

‘’Waktu kurang dari satu bulan. Stop bicara, sudah cukup semua penjelasan. Sekarang waktunya lebih kepada tindakan,’’ tegas Wagub.

Menurut Wagub, untuk bisa masuk mewakili Indonesia tidaklah mudah. Banyak desa wisata di Indonesia yang indah. NTB semua desa-desanya indah.  “Kalau mau pilih yang mana, tak bisa karena semua punya kekhasan, semua pengunjung yang datang senang,” ucapnya.

Terpilihnya Tetebatu adalah anugerah.  Kesempatan itu diharapkan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Jadikan Tetebatu benar-benar siap dan memiliki mental juara. Segala  ego diminta dihilangkan. Kedepankan sinergi dan  kegotongroyongan serta kebersamaan. ‘’Pastikan perbaikan semua lancar agar Tetebatu bisa jadi juara,’’ tegasnya.

Rohmi menyatakan jangan asal asalan dalam persiapan. Mulai dari pembangunan sarana dan prasarna penunjang hingga optimalisasi peranan dari sektor lainnya.

Wakil Bupati Lotim, H. Rumaksi Sjamsuddin mengajak semua pihak menyatukan pendapat untuk Tetebatu. Katanya, kunci untuk bisa tampil juara adalah kebersamaan. Pemerintah kabupaten dan provinsi, pemerintah desa bersama wujudkan Tetebatu menang dalam pentas dunia.

Diketahui, Kepala Desa Tetebatu merupakan pejabat baru dilantik pada tanggal 31 Agustus 2021 lalu. Dalam persiapannya, katanya tidak bisa hanya Tetebatu. Beberapa desa lain juga harus ikut ambil bagian. “Kalau hanya Tetebatu tak akan bisa menopang,” ujarnya.

Antar desa harus bekerja sama. Wabup minta untuk tidak saling menonjolkan ego masing masing. Kalau Tetebatu juara, maka yang juara tidak saja Tetebatu, namun kemenangan untuk semua. Pasalnya, kemenangan Tetebatu  itu akan berdampak besar baik secara ekonomi maupun lainnya bagi desa lain. Termasuk bagi Kabupaten  Lotim. ‘’Hilangkan ego masing masing, mari kita bersatu,’’ ajak Wabup.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi mengatakan, Tetebatu perlu penataan bahu jalan dan sarana prasarana lainnya. Selain itu, diperlukan keterlibatan dari OPD lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Seperti Dinas Kesehatan yang perlu optimalkan keberadaan pos-pos kesehatan.

Dinas Permukiman memastikan program rumah layak huni. Penyediaan toilet dan fasilitas di tempat wisata. Dinas Ketahanan Pangan tentang ketahanan pangan keluarga, antara lain bisa masukkan program lumbung pangan.

Dinas Perindustrian pada peningkatan kualitas UMKM. Dinas LHK pada pos sampah. DP3P2KB wujudkan desa ramah anak dan Diskominfotik pastikan lokasi desa wisata Tetebatu tidak blankspot. (rus)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional