Desa Parangina Bakal Gagal Ikut Pilkades

Bima (Suara NTB) – Desa Parangina, Kecamatan Sape bakal gagal mengikuti proses Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2016. Pasalnya, desa tersebut hingga saat ini belum sama sekali mengikuti tahapan atau Pilkades.

“Jika tidak mengikuti proses atau tahapan pilkades. Desa Parangina akan kita tunda hingga pada tahun depan,” ucap Kepala Badan Pemerintahan Desa (BPMDes) Kabupaten Bima, Abdul Wahab, SH kepada Suara NTB, Selasa (12/7/2016).

Iklan

Wahab mengakui, terkait adanya rencana penundaan pemilihan sudah menjadi keputusan yang sesuai dengan Peraturan daerah (Perda) tentang Pilkades tahun 2015. Karena sudah jelas bagi desa yang berpolemik akan ditunda proses Pilkades.

“Saat ini sedang dibahas apakah Pilkades Parangina ditunda atau dilanjutkan. Tapi yang jelas kita inginkan Parangina tetap ikut Pilkades tahun ini,” katanya.

Wahab menyebutkan, tahun 2016 ini terdapat sekitar 58 desa di Kabupaten Bima yang melaksanakan Pilkades serentak, pada 16 Juli mendatang. Hanya saja, karena Desa Parangina belum melakukan tahapan pemilihan. Seperti penyampaian visi-misi dan kampanye para cakades, dipastikan yang menggelar Pilkades sebanyak 57 desa.

“Pilkades Parangina masih kita bahas dan proses dulu. Karena ada kendala pada proses seleksi Bakal Calon (Balon) Cakades,” sebutnya

Ia menjelaskan, sejauh ini proses pilkades serentak memasuki tahapan kampanye. Panitia sudah menetapkan waktu kampanye selama tiga hari, yang dimulai sejak 10 hingga 12 Juli. Selain itu logistik kertas surat suara juga telah mulai disebarkan ke desa penyelenggara.

“Setelah itu dilanjutkan masa tenang selama tiga hari lagi sebelum pencoblosan,” tuturnya.

Ia meminta, proses Pilkades berjalan lancar dan aman. Para Cakades bisa melakukan politik yang santun yang tetap mengedepankan sikap kekeluargaan dan kebersamaan. Karena siapapun yang terpilih nanti adalah pemimpin yang betul-betul dipilih oleh masyarakat desa.

  Warga Tuntut Pilkades Parangina Segera Digelar

“Kita semua harus menjaga pelaksaan Pilkades ini. Tentu dengan rasa aman dan damai,” pungkasnya. (uki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here