Desa/Kelurahan Wajib Punya Fasilitas Isolasi Covid-19

Danrem NTB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani saat meninjau Bale Isolasi di kelurahan Telaga Bertong.(Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Danrem NTB, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani menyatakan, seluruh wilayah tingkat desa/kelurahan di NTB wajib memiliki fasilitas rumah isolasi Covid-19.

“Jadi salah satu perintah Pangdam ke saya turun lapangan hari ini mengecek apakah desa/kelurahan sudah punya rumah isolasi covid,” katanya saat meninjau Bale Isolasi di kelurahan Telaga Bertong, Taliwang, Kamis, 29 Juli 2021.

Iklan

Menurut Danrem, fungsi rumah isolasi sangat penting dalam penanganan Covid-19. Terutama mengakomodasi warga yang terpapar virus corona, namun tidak dapat menjalankan isolasi mandiri di rumah sendiri. “Jadi rumah isolasi ini sangat vital keberadannya,” tegasnya.

Dalam memerangi pandemi Covid-19 ini, kata Rizal, kelengkapan organisasi dan fasilitas di seluruh tingkat satuan tugas (Satgas) penanganan harus tersedia. Berikut juga daya dukung seluruh pihak, mulai dari pemerintah, aparat hingga masyarakat umum harus terjadi keterpaduan. “Saya lihat di KSB ini luar biasa ya. Anggota kami sangat terbantu dengan kesigapan elemen pemerintah dan masyarakatnya,” timpalnya.

Selanjutnya jenderal bintang satu ini menuturkan, hal yang perlu dijaga pada pasien Covid-19 tidak sekedar kesehatan jasmaninya. Namun juga lebih penting kesehatan rohani. Karena itu dalam menangani pasien yang terpapar selama menjalani isolasi untuk selalu menjaga kenyamanan batiniah.

“Ibu bapak yang sedang isolasi harus dihibur. Karena jujur saja, menjalani keteriosalisan belasan hari itu bisa buat orang tertekan psikisnya. Kalau sudah begitu maka imunnya semakin turun,” timpal Danrem.(bug)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional