Desa Kadindi Wakili Dompu ke Tingkat Provinsi

Dompu (Suara NTB) – Desa Kadindi Kecamatan Pekat mewakili Kabupaten Dompu pada lomba Desa yang diintegrasikan dengan Posyandu dan Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi tahun 2017. Tim penilai dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) telah melakukan penilaian yang dipimpin H. Rusman, SH, MH.

Iklan
Asisten 1 Setda Dompu, Drs. H. Sudirman Hamid mewakili Bupati saat berikan sambutan.

Kepala Dinas PMPD Kabupaten Dompu, H. Supardi, S.Sos, M.Si kepada Suara NTB, Kamis (11/5) mengatakan, optimis untuk lomba Desa yang diwakili oleh Desa Kadindi. Persiapan secara administasi maupun kelembagaan di Desa Kadindi tidak hanya menjelang pelaksanaan lomba Desa. Keterlibatan masyarakat dalam membangun Desa juga sudah terbiasa sejak lama.

“Kalau lomba Desa-nya kita optimis. Kita sudah maksimal mempersiapkannya,” kata H. Supardi.

Lomba Desa ini dinilai secara administrasi dan kelembagaannya. Termasuk jalannya pemerintahan Desa yang melibatkan masyarakat luas, pemberdayaan, pendidikan, kesehatan dan lainnya. “Dari skor penilaian yang dilakukan tim kemarin, untuk lomba Desa sangat baik,” terangnya.

Desa Kadindi, tidak hanya dinilai lomba Desa-nya, tapi juga lomba posyandu, dan lomba P2WKSS. Sementara untuk lomba kelurahan diwakili oleh Kelurahan Bali 1 dan lomba Posyandu serta P2WKSS diwakili oleh Kelurahan Monta Baru. Namun sejauh ini, masih ada yang harus dibenahi untuk lomba kelurahan, posyandu dan P2WKSS untuk kedepannya.

“Tim penilai lomba sudah melakukan penilaian, saat ini sedang melakukan penilaian di Sumbawa dan Sumbawa Barat,” katanya.

Lomba Desa dan Kelurahan yang diintergrasikan dengan Posyandu, dan P2WKSS ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi perkembangan pembangunan, perekonomian dan pemberdayaan masyarakat Desa dan Kelurahan dalam kurun waktu setahun. Tim penilai lomba tingkat Provinsi ini melakukan penilaian sejak Selasa (9/5) lalu yang dipimpin oleh H Rusman, SH, MH. Tim penilaian ini diterima oleh Asisten 1 Setda Dompu, Drs. H. Sudirman Hamid, M.Si yang mewakili Bupati Dompu di pendopo Bupati.

Sudirman Hamid dalam sambutannya mengatakan, kehadiran tim penilai menambah semangat pihaknya di Kabupaten Dompu dalam membangun Desa dan Kelurahan. Pembinaan secara terpadu di Desa dan Kelurahan tetap dilakukan, sehingga kedepan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

“Pada akhirnya nanti, Kabupaten Dompu keluar sebagai juara satu lomba Desa dan Kelurahan yang diintegrasikan dengan Posyandu dan P2WKSS,” harapnya.

Rusman, SH, MH selaku Ketua Tim penilai mengatakan, kegiatan penilaian evaluasi yang dilaksanakan jangan dijadikan acara seremonial semata. Tapi lomba Desa dan Kelurahan harus memberi dampak baik untuk terus menggelora, termasuk memberikan inspirasi dan spirit kepada Desa dan Kelurahan dalam rangka membangun perekonomian, pembangunan dan pemberdayaan masayakat Desa dan Kelurahan.

Tim penilai lomba Desa dan Kelurahan yang diintegrasikan dengan Posyandu dan P2WKSS ini berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Dinas Pendidikan dan Budaya Provinsi NTB, TP-PKK Provinsi NTB, Bakesbangpoldagri Provinsi NTB, BP3KB Provinsi NTB, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi NTB. (ula/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here