Desa dan Kelurahan di Taliwang Bentuk Posko PPKM Mikro

Suasana di Posko PPKM Mikro di kelurahan Arab Kenangan, Taliwang.(Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Meski berstatus zona hijau, kecamatan Taliwang tetap berupaya memperketat upaya pencegahan Covid-19 di wilayahnya. Buktinya, saat ini seluruh desa dan kelurahan di ibukota Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) ini diwajibkan membentuk Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

“Sekarang semua desa dan kelurahan sudah punya posko (PPKM Mikro) masing-masing. Dan itu sifatnya wajib,” cetus camat Taliwang, Aku Nur Rahmadin kepada Suara NTB, Jum’at, 5 Maret 2021.

Iklan

Ia mengakui, jika melihat trend kasus Covid-19 di KSB dan khususnya Taliwang sementara ini terus melandai. Namun demikian, pendirian Posko PPKM Mikro dipandang penting oleh pihaknya karena tujuannya untuk pencegahan dan antisipasi dini jika terjadi lonjakan kasus. “Taliwang kan selama ini tingkat kasusnya selalu paling tinggi. Nah sekarang turun. Jadi harapannya pendirian posko itu bisa mempertahankan biar tidak naik lagi,” timpalnya.

Fungsi Posko PPKM Mikro yang didirikan oleh desa/kelurahan itu, papar Madin, untuk mengontrol aktivitas masyarakat. Disamping sosialisasi, ia menyatakan, petugas yang ditempatkan di posko setiap harinya harus mendata agenda-agenda kegiatan sosial yang berpotensi menimbulkan kerumunan. “Tidak kemudian posko ini akan melarang masyarakat buat acara karena memang tidak ada larangan oleh Satgas hari ini. Tapi posko akan mengontrol, memastikan acara warga itu mematuhi protokoler pencegahan Covid-19,” tandasnya.

Pada kesempatan lain, lanjut Madin, tim Posko PPKM Mikro di desa/keluarahan juga akan melaksanakan patroli. Ia menyebutkan, sebagai wilayah ibukota, banyak titik dalam kecamatan Taliwang yang berpotensi menjadi pusat kerumunan warga. “Nah di situ tim bisa melakukan penertiban. Bahkan kalau misalnya acara warga sekalipun, kalau melanggar protokoler Covid akan kita bubarkan,” tegas Mandin. (bug)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional