Demokrat dan PBB Buka Penjaringan Balon

Giri Menang (Suara NTB) – Demokrat dan PBB segera menyusul partai politik (parpol) lain untuk membuka pendaftaran penjaringan bakal calon bupati (bacabup) dan bakal calon wakil bupati (bacawabup) untuk diusung pada pilkada 2018 mendatang. Ditargetkan proses pendaftaran dimulai bulan Mei, sehingga secepatnya bisa diusulkan balon ke DPW dan DPP.

“Ada sih rencana membuka pendaftaran penjaringan balon,”jelas Wakil Ketua DPC Demokrat Lobar Indra Jaya Usman beberapa waktu lalu.

Iklan

Dikatakan, terkait kapan mulai dibukanya pendatftaran belum diketahui pasti sebab belum ada pembahasan di DPC. Terkait acuan balon yang bakal diusung, jelasnya, akan mengacu hasil survei elektabilitas. pada Pilkada lalu, Demokrat menggunakan lembaga survei nasional untuk melakukan survei. Tahun ini pun demikian, namun belum diketahui lembaga survei mana.

Terkait isu kevakuman pengurus DPC, menurut Indra sejauh ini masih dilakukan pembahasan di DPC. Menurutnya musyawarah daerah belum dilakukan, karena menunggu jadwal.

Ketua DPC PBB H Lukman Mukhtar menyatakan, pihaknya sudah menggelar rapat internal pengurus untuk mempersiapkan penjaringan balon. Selanjutnya akan diadakan rapat tim untuk mematangkan. Terkait kapan mulai dilakukan pendaftaran, pihaknya menargetkan bulan Mei ini, karena perlu dipersiapkan segala sesuatu, termasuk tata tertib penjaringan.

Proses penjaringan ini, jelasnya, akan dilakukan survei dari segi popularitas dan elektabilitas calon yang bakal diusung, sebab yang paling penting adalah elektabilitasnya menjadi pertimbangan. Menurutnya penjaringan balon ini PBB sangat selektif, sebab bagaimanapun PBB ingin agar calon yang diusung benar-benar mampu mengubah Lobar mengejar ketertinggalan dari daerah lain. (her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here