Demo Antikorupsi di Bima Berakhir Ricuh

Kota Bima (Suara NTB) – Aksi unjuk rasa memperingati hari antikorupsi sedunia digelar di beberapa titik di Kota Bima oleh berbagai aktivis mahasiswa, Jumat, 9 Desember 2016. Namun salah satu titik, yakni di kantor Walikota Bima, berlangsung ricuh.

Pantauan Suara NTB, massa yang tergabung dalam Liga Mahasiswa Nasional Demokrasi (LMND) terlibat kericuhan dan bentrok dengan aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Pemerintah Kota setempat.

Iklan

Belum diketahui penyebab terjadinya kericuhan. Antara mahasiswa dan petugas mendadak saling kejar-kejaran di ruas jalan Soekarno – Hatta atau tepatnya di depan kantor Walikota. Mereka melengkapi diri dengan kayu dan saling lempar menggunakan batu.

Akibat kericuhan tersebut sejumlah mahasiswa terluka dan babak belur. Bahkan di antaranya dikeroyok oleh aparat Pol PP. Belum diketahui jumlah korban akibat kericuhan ini.

Tidak hanya itu, beberapa lampu hias yang berada di pagar kantor Walikota setempat pecah, terkena lemparan batu. Kericuhan tersebut mereda setelah Kasat Pol PP bersama aparat Polres Bima turun tangan.

Meminta agar kedua belah pihak bisa menahan diri. Hanya saja, sejumlah mahasiswa yang mengenakan baju berwarna merah ini belum puas dan menyatakan kekecewaan atas sikap arogansi aparat Pol PP tersebut.

Mereka mengancam akan melakukan aksi secara besar-besaran dan menghadirkan massa dalam jumlah banyak. Menuntut agar sejumlah aparat Pol PP diproses secara hukum. Setelah itu, massa langsung membubarkan diri dengan dikawal ketat aparat kepolisian.

Kapolres Bima melalui Kasubag Humas Polres Bima Ipda Suratno, membenarkan adanya kericuhan tersebut. Hanya saja kejadiannya berlangsung sebentar dan cepat diatasi sehingga tidak menelan korban jiwa.

“Mengenai penyebab kericuhannya, hingga saat ini masih dilidik. Termasuk jumlah korban dan infrastruktur milik Pemkot yang rusak,” katanya.

  Wabup KSB Bisa Jadi Tersangka Kasus UP

Dia menambahkan, pada momen hari antikorupsi ini tercatat ada empat organisasi kemahasiswaan yang menggelar aksi unjuk rasa. Yakni HMI, PMII, LMND, STIE Bima. Titiknya di Kantor Walikota Bima, DPRD, Kejaksaan dan perempatan Cabang Sadia Kota Bima. (uki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here