Delapan Jabatan Eselon II akan Lowong

Muhammad Nasir (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB menyebutkan sekitar delapan jabatan eselon II atau Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) akan lowong pada 2021 mendatang karena pejabat memasuki usia pensiun. Mulai sekarang, sekitar empat pejabat eselon II Pemrov NTB sudah mengambil ancang-ancang beralih ke jabatan fungsional widyaiswara.

Kepala BKD NTB, Drs. Muhammad Nasir menyebutkan, pejabat eselon II yang akan pensiun tahun depan, antara lain Kepala Pelaksana BPBD NTB, Ir. IGB. Sugihartha, M.T., Kepala Dinas Perhubungan, Drs. Bayu Windya, M. Si., Kepala Disnakeswan NTB, Ir. Hj. Budi Septiani.

Iklan

Selanjutnya, Kepala BPSDM NTB, Ir. Wedha Magma Ardhi, M.TP., Asisten III Setda NTB, Dr. Drs. H. Lalu Syafi’I, M.M., Staf Ahli Gubernur, Dr. M. Agus Patria, S.H., M.H., Kepala Dinas Perustakaan dan Kearsipan, Dr. H. Manggaukang, M.M., dan Staf Ahli Gubernur, Ir. Andi Pramaria, M. Si.

‘’Sudah diantisipasi jika terjadi kekosongan, siapa orangnya nanti,’’ kata Nasir dikonfirmasi di Mataram, Kamis (12/11) kemarin.

Nasir mengatakan, dari sejumlah pejabat eselon II yang akan pensiun tersebut, sebanyak empat orang sudah mengambil ancang-ancang beralih ke jabatan fungsional widyaiswara. Yaitu, Manggaukang, Agus Patria, Lalu Syafi’I dan Andi Pramaria.

‘’Yang sudah lolos widyaiswara Pak Manggaukang. Sedangkan tiga orang mengulang lagi,’’ terang Nasir.

Jika pejabat eselon II ini lolos, maka diperkirakan SK pengangkatan sebagai widyaiswara akan turun bulan Januari atau Februari 2021. Sehingga otomatis, empat jabatan eselon II akan lowong pada awal tahun mendatang.

Nasir mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi kekosongan tersebut. Menurutnya, banyak eselon III yang senior yang menjadi kandidat untuk mengisinya di lingkup Pempprov NTB.

‘’Jadi kemungkinannya yang akan kosong delapan jabatan eselon II tahun depan  kalau lolos yang tiga ini ditambah yang satu orang sudah lolos,’’ sebutnya.

Selain sejumlah pejabat eselon II yang akan pensiun, Nasir menyebutkan ada juga puluhan jabatan eselon III dan IV yang akan kosong. Untuk jabatan eselon III, sekitar 8 jabatan yang akan lowong pada Januari tahun depan. Sedangkan jabatan eselon IV sebanyak 17 orang.

‘’Untuk mengisi kekosongan, Baperjakat menyiapkan semuanya sesuai dengan kompetensi kita ajukan ke Pejabat Pembina Kepegawaian dalam hal ini gubernur,’’ tandasnya.

Sebagaimana diketahui, saat ini ada beberapa jabatan eselon II yang masih lowong dan diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt). Seperti jabatan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan Kepala DP3AP2KB NTB. (nas)

Advertisement ucapan idul fitri ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional