Dekranasda NTB Dukung Promosi Mandalika Lewat Genposting

Ketua Dekranasda NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah dan Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kominfo RI, Septriana Tangkary berfoto bersama peserta program Genposting NTB (Suara NTB/bay)

Mataram (Suara NTB) – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) NTB menjalin sinergi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, tepatnya Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik. Terutama untuk memajukan promosi pariwisata super prioritas di NTB

Ketua Dekranasda NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, SE.M.Sc menerangkan, pihaknya telah sama-sama melihat potensi kerjasama yang dapat dijalin Dekranasda NTB dengan Kominfo. Khususnya melalui program Generasi Positive Thingking (Genposting) yang diinisiasi Kominfo.

Iklan

‘’Kita sudah bertemu, saling menyampaikan kegiatan masing-masing dan melihat bagaimana kita bisa bersinergi,’’ ujar Niken, Kamis, 12 Maret 2020 di Mataram. Bersama puluhan pemuda yang tergabung dalam program Genposting pihaknya berharap muncul sinergi yang bisa menjadi kekuatan baru untuk memajukan NTB.

“Ketika teman-teman dari Genposting ini memahami tugas dan kiprah Dekranasda, diharapkan mereka paham dan mendukung wilayah dan area mereka masing-masing,’’ ujar Niken. Dimana kaum milenial yang menjadi duta Genposting dapat berperan aktif untuk mempromosikan seluruh potensi NTB.

“Teman-teman yang masih muda dan aktif ini perlu memulai, kemudian terus belajar supaya kita bisa berkembang bersama-sama,” sambungnya.

Di sisi lain, kerjasama Dekranasda NTB dengan Kominfo juga ditujukan untuk mendorong ketersediaan akses informasi yang merata. Terutama di KEK Mandalika yang menjadi destinasi super prioritas nasional saat ini.

‘’Jika selama ini masih ada titik-titik yang dirasakan blank spot, silakan langsung mengirimkan koordinatnya kemudian nanti menyurati kami di Pemerintah Provinsi atau Dekranasda bisa membantu. Kita sedang usaha mendukung dan mempercepat hal itu,’’ ujar Niken.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kominfo RI, Septriana Tangkary, menerangkan, dengan program Genposting pihaknya mengharapkan adanya promosi aktif untuk memasarkan KEK Mandalika. Terlebih kawasan tersebut menjadi salah satu yang dipilih Presiden Indonesia, Joko Widodo, sebagai kawasan super prioritas pariwisata.

‘’Kita mengajak generasi muda NTB supaya bisa sama-sama menggerakkan promosi pariwisata, khususnya Mandalika,’’ ujar Septriana. Menurutnya, perlu ada semangat untuk menunjukkan bahwa NTB saat ini tidak kalah dari destinasi wisata lainnya semisal Bali. ‘’Semua yang ada di NTB saya rasa keren semua,’’sambungnya.

Program Genposting diarahkan untuk menjadi kanal bagi kaum milenial bersama-sama mensukseskan program daerah. Khususnya dengan pemanfaatan teknologi secara bijak dan efisien.

Dicontohkan Septriana seperti produksi tenun di NTB yang kualitasnya telah diakui secara nasional. “Kalau di daerah sini banyak tenun dan lain-lain, kita jangan hanya memproduksi, tapi juga memasarkan. Genposting ini bisa mengajak (perajin) masuk ke market place, dan mendampingi kerajinan daerah,’’ pungkasnya. (bay)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional