DED RS Internasional Rampung, Pemerintah akan Kucurkan Rp40 Miliar

Nurhandini Eka Dewi (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pemda telah merampungkan Detailed Engineering Design (DED) pembangunan Rumah Sakit (RS) Internasional untuk mendukung MotoGP 2021. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan mengalokasikan anggaran sekitar Rp35 – 40 miliar dalam bentuk Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A, MPH menjelaskan setelah penyusunan DED selesai, selanjutnya usulan dimasukkan ke pemerintah pusat melalui Kemenkes. Ia mengatakan, selain usulan pembangunan RS Internasional juga diusulkan peningkatan infrastruktur RSUP NTB.

Iklan

Untuk mendukung pelaksanaan MotoGP Mandalika 2021, RSUP NTB akan dibangun gedung trauma center yang dilengkapi dengan helipad. Kebutuhan anggaran untuk pembangunan fasilitas ini lebih dari Rp90 miliar.

“Kita di-back up oleh Kementerian Kesehatan. Kita ikuti alurnya DAK. Ada batasan Kemenkes, untuk bangun rumah sakit baru sekitar Rp35-40 miliar. Lumayan juga, ketimbang tidak ada. Tapi berapapun kita dikasih, nanti akan berkembang,” katanya.

Nantinya RS Internasional yang dibangun memiliki dua fungsi. Bukan saja untuk mem-back up event internasional MotoGP dan tempat pelayanan bagi wisatawan yang berkunjung ke KEK Mandalika. Tetapi RS Internasional tipe C tersebut juga untuk melayani masyarakat sekitar.

Ia menyebut, jumlah masyarakat Lombok Tengah di daerah selatan sekitar 300 ribu orang. Sementara, Lombok Tengah sendiri masih kekurangan 300 tempat tidur di fasilitas kesehatannya. “Jadi itu nanti menjadi  rumah umum untuk melayani masyarakat. RS khusus untuk melayani pariwisata dan MotoGP,” jelasnya.

Nurhandini menyebutkan lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan RS Internasional tersebut sekitar 5 hektar. Saat ini baru tersedia 1,5 hektar. Pemprov akan membebaskan lahan seluas 3,5 hektar. Anggaran pembebasan lahan akan diusulkan dalam APBD 2020 mendatang sebesar Rp7,5 miliar.

Pemprov NTB dan Pemkab Loteng telah menetapkan lokasi pembangunan Rumah Sakit (RS) Internasional MotoGP di luar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Rencananya, RS Internasional MotoGP akan dibangun di Lapangan Bola Desa Sengkol Kecamatan Pujut Lombok Tengah, atau jaraknya  sekitar 15 menit dari KEK Mandalika.

Secara keseluruhan, Pemerintah Pusat dalam hal ini Kemenkes akan menyiapkan anggaran sekitar Rp100 miliar untuk pembangunan RS Internasional tersebut. Untuk pembangunan fisik tahap pertama, Kemenkes akan mengalokasikan sebesar Rp40 miliar pada 2020. (nas)