Debat Kandidat Pilkada NTB Telan Rp2 Miliar

Mataram (Suara NTB) – Debat kandidat empat pasangan Cagub dan Cawagub NTB direncanakan antara Bulan Mei dan Juni mendatang. Untuk debat kandidat tersebut, KPU NTB telah mengalokasikan anggaran Rp 2 miliar. Debat kandidat ini akan ditayangkan secara langsung oleh media televisi nasional.

Demikian disampaikan Ketua KPU NTB, L. Aksar Ansori, SP saat dikonfirmasi di ruang kerjanya pekan kemarin. Debat kandidat tersebut akan dilaksanakan selama dua kali.

Iklan

“Masalah debat kandidat, ada dua kali debat ini. Satu kali debat itu kami anggarkan Rp 1 miliar  dengan alokasi waktu satu kali debat 90 menit,” ujar Aksar.

Anggaran untuk membiayai debat kandidat tersebut bersumber dari dana hibah APBD NTB untuk pembiayaan Pilkada. Sehingga pihaknya saat ini tengah melakukan lelang untuk pelaksanaan penyiaran debat oleh media televisi nasional.

“Baru kita lelang. Sedang proses lelang, melalui ULP. Semua media nasional bisa mengikutinya. Intinya harapan kita ingin yang terbaiklah dengan hadirnya debat ini. Nanti kami ingin debat ini, meskipun hanya dua kali, bisa dibuat siaran ulang dan tunda, karena kita punya 12 hari masa kampanye di mena cetak dan elektronik,” ujarnya.

Pada saat acara debat kandidat nanti, pihaknya juga akan menginstruksikan kepada semua jajarannya. Mulai dari KPU kabupaten/kota, PPK sampai PPS, untuk menggelar acara nonton bareng debat kandidat.

Dengan demikian, harapannya, melalui debat kandidat tersebut, pihaknya bisa makin memperluas penyebaran visi-misi, program dan gagasan para pasangan calon agar bisa dikenal lebih baik oleh masyarakat sebelum menentukan pilihannya pada tanggal 27 Juni mendatang.

“Sehingga harapannya, dalam debat nanti, masyarakat silahkan mendalami seluk belum program calon. Karena itu debat ini tentu ini harus benar-benar, bukan hanya lipstik belaka. Bukan sekedar elektabilitas, tetapi benar-beanr ada interaksi dengan masyarakat dan paslon punya komitmen, jika terpilih nanti bisa melakukan perubahan lebih baik bagi NTB,” katanya.

Diketahui bahwa, KPU memiliki tanggungjawab dalam mensosialisasikan visi misi dan program pasangan calon. Sehingga untuk penyebaran alat peraga kampanye dan juga kampanye di media cetak, menjadi tanggunngjawab KPU untuk membiayainya. (ndi)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional