Debat Kandidat Cabup dan Cawabup Lotim Direncanakan di Kantor Bupati

Selong (Suara NTB) – KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) terus melakukan persiapan matang pada setiap tahapan-tahapan pelaksanaan pilkada Lotim 2018. Salah satunya untuk debat kandidat yang bertarung di Pilkada Lotim rencananya dipusatkan di Kantor Bupati Lotim tanggal 18 April 2018 mendatang.

Menurut Ketua KPU Lotim, M. Saleh, dipilihnya Kantor Bupati Lotim sebagai lokasi debat, karena dinilai cukup representatif, luas serta beberapa pertimbangan lainnya. Nantinya, empat pasangan calon H. Haerul Warisin-H.Machsun Ridwayni (Harum), Ali Masadi-Putrawan Habib (Al-Habib), H.Sukiman Azmy – H.Rumaksi dan H.M.Syamsul Luthfi-H.Najamudin Mustafa (Fiddin) akan menyampaikan visi dan misinya, jika terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lotim.

Iklan

Sementara, jika menggunakan hotel, Saleh mengaku di Kabupaten Lotim belum ada hotel yang cukup besar dan layak untuk dijadikan lokasi debat kandidat kepala daerah. Apalagi yang dihadiri langsung sejumlah pengurus partai pengusung, pendukung maupun simpatisan dari calon itu sendiri.

Kendati demikian, penetapan kantor bupati sebagai lokasi pelaksanaan debat kandidat belum final. KPU tetap membuka dan menerima masukan-masukan serta saran dari semua pihak. Apabila ada masukan untuk lokasi lain pelaksanaan debat dan diniliai cukup layak. Maka besar kemungkinan akan ditindaklanjuti dengan mempertimbangkan segala aspek yang ada. “Silakan jika ada saran dan masukan kita tetap terima. Tapi kita harapkan secepatnya, jangan di waktu mepet mendekati pelaksanaan debat,” harapnya.

M.Saleh menambahkan, pelaksanaan debat sudah dikomunikasikan dengan empat pasangan calon. Ke empat pasangan calon menyetujui apabila pelaksanaan dilakukan di kantor bupati. “Penetapan kantor bupati menjadi lokasi debat juga bersama mereka, (paslon). Jadi sudah tidak ada masalah,” ujarnya.

Untuk menjaga pelaksanaan debat supaya berjalan tertib dan lancar sebagaimana yang diharapkan. Dalam aturannya, masing-masing calon hanya diperbolehkan masuk bersama 100 orang pendukungnya, sehingga dari empat pasangan calon. Terdapat 400 pendukung yang menyaksikan langsung pelaksanaan debat di ballroom kantor bupati. Selebihnya dalam debat terbuka itu, KPU Lotim akan menyediakan sebuah layar di halaman kantor bupati. Sehingga para pendukung yang turun hadir dapat menyaksikan dari layar yang sudah disediakan. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here