DD 34 Desa di Lobar Diblokir

Ilustrasi (Uang)

Giri Menang (Suara NTB) – Sebanyak 34 desa di Lombok Barat (Lobar) belum bisa mencairkan Dana Desa (DD), lantaran DD bagi puluhan desa itu masih diblokir akibat belum memenuhi syarat pencairan. Beberapa syarat yang mesti dipenuhi desa untuk bisa mencairkan DD, antara lain laporan OMSPAN, laporan realisasi pencapaian output dan rekomendasi kecamatan. Pencairan DD ini tak terkendala pelaksanaan pilkades.

“Desa yang belum keluar DD tahap ke 3 nya sebanyak 34 desa. Masih kita blokir karena belum penuhi syarat pencairan,” kata Kepala Bidang Pemerintah Desa pada Dinas PMD Lobar Kesuma Supaka, Kamis,¬† 6 Desember 2018.

Iklan

Dijelaskan, DD semua desa sudah disalurkan ke rekening masing-masing. Hanya saja untuk mencairkan dana ini oleh desa harus ada rekomendasi dari pihak dinas. Rekomendasi dari dinas akan keluar jika desa sudah memenuhi syarat laporan on spam, laporan realisasi dan rekomendasi kecamatan.

Alasan belum bisa dicairkan, karena desa belum memenuhi syarat yang ditentukan. Menurutnya, kendala DD ini bukan karena pelaksanaan pilkades. Sebab pengurusan DD ini diurus oleh pihak berbeda. Untuk tahap III ini DD yang dicairkan sebanyak Rp53 miliar. Arah pemakaian dana ini, jelasnya, persentase fisik, pemberdayaan tergantung perencanaan desa mengacu hasil musrenbang, sebab APBDes mengacu pada itu.

Terkait program padat karya tunai, diakui semua desa punya kegiatan. Sebelumnya ada 10 desa menjadi pilot projects, namun saat ini di semua desa sudah ada padat karya tunai. Hanya saja semua kegiatan padat karya, anggaran pun tidak ditentukan berapa jumlahnya, hanya saja diatur hari orang kerja minimal 30 persen dari bidang pembangunan. “Sebelumnya minimal 10 desa jadi pilot projects, tapi sekarang sudah 119 desa ada padat karya tunai,”imbuhnya. (her)