DBD Renggut Dua Nyawa, Anggaran Terbatas

Petugas dari Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Dompu, saat melakukan pengasapan di Dusun Selaparang Desa Matua, Selasa, 2 Maret 2021.(Suara NTB/Jun)

Dompu (Suara NTB) – Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Dompu, terus bertambah. Untuk periode Januari-Februari 2021, sudah tercatat 170 kasus. Dua diantaranya berakhir  meninggal setelah mendapat penanganan medis tim dokter.

Kendati temuan warga terjangkit virus berbahaya ini meningkat. Ironisnya, anggaran untuk pemberantasan nyamuk dewasa lewat program fogging alias pengasapan masih sangat terbatas. Tak heran upaya penanggulangan lebih fokus pada wilayah dengan temuan kasus terparah, seperti misalnya di Dusun Selaparang Desa Matua.

Iklan

“Sebenarnya banyak permintaan dari kelurahan, tapi mau bagaimana kita tunda dulu karena prioritaskan pengasapan sekarang untuk wilayah dengan temuan kasus berat, seperti inikan pasien sampai masuk tranfusi darah 10 kantung,” ungkap Kasi Penyakit Menular (PM) P2PL Dikes Dompu, Ns. Edy Suharja, S. Kep., ketika ditemui Suara NTB saat mendampingi kegiatan pengasapan di Dusun Selaparang Desa Matua, Selasa, 2 Maret 2021.

Menekan penularan penyakit DBD lewat program pengasapan, semestinya bukan saja untuk wilayah dengan temuan kasus berat. Akan tetapi, setiap titik rawan seperti daerah terdampak banjir perlu diambil langkah antisipasi tersebut. Namun mengingat keterbatasan anggaran yang dimiliki, pihaknya tidak bisa berbuat banyak.

Untuk setahun, tegas Edy Suharja, alokasi anggaran kegiatan pengasapan hanya Rp20 juta. Ini jauh dari estimasi kebutuhan ideal sebesar Rp200 juta. “Seperti di Desa Daha yang terdampak banjir itu harusnya kita pengasapan. Tapi nyatanya belum karena memang kita terkendala dana,” jelasnya.

Berdasarkan data terakhir yang diterima, selama priode Januari-Februari 2021, sudah ada temuan 170 kasus DBD di wilayah ini. Dua diantara pasien dinyatakan meninggal  dunia setelah menjalani perawatan intensif.

Fakta itu membuat daerah ini menempati urutan pertama untuk angka kematian akibat penyakit demam berdarah. “Dua orang meniggal itu di bulan Januari. Februari kemarin tidak ada, untuk sebaran kasus sebagian besar itu di wilayah kota,” pungkasnya. (jun)

Advertisement filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional