Datangi Polres Loteng, Pansus Covid-19 Klarifikasi Bantuan

Pansus Covid-19 DPRD Loteng usai  bertemu Kapolres Loteng dan jajaran, Kamis, 25 Juni 2020. (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Panitia Khusus (Pansus) Covid-19 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lombok Tengah (Loteng), Kamis, 25 Juni 2020, menyambangi Polres Loteng. Kedatangan Pansus ini untuk mengklarifikasi soal bantuan dana penanganan Covid-19 yang diterima Polres Loteng dari Pemkab Loteng senilai sekitar Rp3 miliar. Sekaligus, berkonsultasi dan berkoordinasi terkait tugas-tugas Pansus Covid-19 jika nantinya ada yang berkaitan dengan proses hukum.

Ketua Pansus Covid-19, Suhaimi, S.H., mengatakan, selain menjadi salah satu pihak yang ikut menerima bantuan dana penanganan Covid-19 di daerah ini, informasi yang dimiliki pihak kepolisian soal pengelolaan anggaran Covid-19 di Loteng juga sangat dibutuhkan. Hal ini juga untuk bisa memperkaya perbendaharaan informasi Pansus Covid-19.

Iklan

“Polres Loteng kan juga sebagai penerima bantuan anggaran penanganan Covid-19. Informasi soal pengelolaannya sangat kita butuhkan. Termasuk juga, mungkin pihak kepolisian memiliki informasi lainnya yang terkait pengelolaan anggaran Covid-19 di daerah ini. Itu bisa menjadi tambahan informasi berharga bagi Pansus Covid-19,” terangnya.

Pansus Covid-19 diterima langsung Kapolres Loteng, AKBP Esty Setyo Nugroho, SIK., didampingi Wakapolres Loteng, Kompol Ketut Tamiana dan sejumlah pejabat Polres Loteng lainnya. Dari Pansus Covid-19, selain Ketua Pansus turut serta juga Wakil Ketua Pansus, Legewarman beserta sejumlah anggota Pansus Covid-19 lainnya.

Pada kesempatan itu, Pansus Covid-19 juga menyampaikan sejumlah persoalan terkait pengelolaan anggaran Covid-19 yang berpotensi bermasalah secara hukum. “Kita sudah sepakat akan terus berkoordinasi dan berkomunikasi selama Pansus Covid-19 bekerja. Terlebih ada beberapa laporan yang masuk terkait pengelolaan anggaran Covid-19 yang bisa menjadi perhatian pihak kepolisian,” imbuh Ketua DPC PDI Perjuangan Loteng ini.

Selain Polres Loteng, tambah Wakil Ketua Pansus Covid-19, Legewarman, S.IP., pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Loteng terkait persoalan yang sama. “Dengan Kejari Loteng kita sudah agendakan bertemu pada Senin pekan depan. Juga terkait hal yang sama dengan Polres Loteng,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Kapolres Loteng, AKBP Esty Setyo Nugroho, SIK., membenarkan kalau pihaknya juga menerima bantuan anggaran penanganan Covid-19 dari Pemkab Loteng. Dana tersebut digunakan untuk kebutuhan pengamanan dan pengawalan. Termasuk untuk penyediaan alat semprot disinfektan serta mendukung kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan upaya percepatan penanganan pandemi Covid-19 lainnya di Loteng.

“Anggaran yang diberikan akan kita upayakan bisa dipergunakan seoptimal mungkin. Untuk bisa membantu pemerintah dalam upaya menekan penyebaran Covid-19 di daerah ini. Sebagai bentuk tanggung jawab aparat kepolisian kepada masyarakat,” ujarnya. (kir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here