Data Korban Banjir Sumbawa Harus Akurat

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Bupati Sumbawa, H. M. Husni Djibril, B.Sc meminta kepada Tim Tanggap Darurat Bencana Kabupaten Sumbawa agar mengedepankan kejujuran dan ketulusan dalam membantu penanggulangan korban banjir. Serta mendata secara objektif dan akurat tanpa ada rekayasa.

Hal itu disampaikan Bupati pada rapat verifikasi dan validasi data korban banjir di kantor Bupati, Kamis, 16 Februari 2017. Masyarakat korban bencana banjir berhak mendapat bantuan dari Pemerintah Pusat. Berupa bantuan jatah hidup (Jadup), biaya rehabilitasi rumah maupun relokasi rumah sesuai dengan kondisi kerusakan yang dialami. Namun demikian, Bupati mengingatkan agar jangan sekali-kali merekayasa data korban banjir. Sebab jika terbukti ada data korban yang tidak objektif maka peluang untuk mendapatkan bantuan bisa gagal.

Iklan

Makanya, Bupati minta agar dalam melakukan verifikasi dan validasi data tidak main-main dan tidak membawa unsur kepentingan pribadi, yang justeru dapat merugikan orang banyak.

Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah selaku komandan Tim Tanggap Darurat telah membentuk Tim verifikasi dan validasi data korban banjir yang melibatkan aparat Pemerintah, Tagana, PMI, dan Pramuka. Tim ini diharapkan mampu bekerja secara cepat dan tepat, sehingga dalam dua hari ini berhasil diwujudkan data korban banjir yang objektif dan akurat sebagai bahan usulan untuk mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat.

Kepala Bappeda, Ir. Iskandar menambahkan, Tim verifikasi langsung bekerja selama dua hari kedepan. Tim gabungan yang di dalamnya juga meibatkan PMI, Tagana, Pramuka, langsung ke lapangan memverifikasi data yang masuk. Sehingga hingga lebih lengkap rinci dan lebih benar. “Terutama terkait sasaran, membutuhkan nama orang dan alamat, misalnya kerusakan rumah, kerusakan areal pertanian, dan lainnya. Untuk fasilitas publik tim khusus dari kalangan perangkat daerah yang membidangi itu. Sebagai persyaratan yang harus diajukan  kepusat dalam dua hari. Agar segera dikirim dan penanganan lebih cepat terhadap masyarakat terdampak banjir,”tukasnya. (arn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here