Dari Kawasan Kaki Rinjani, SMK Ondak Jaya Ciptakan Motor dan Sepeda Listrik “LEON”

Inilah motor listrik dan sepeda listrik karya siswa SMK Ondak Jaya. Meski pun berada di Kaki Gunung Rinjani, SMK swasta ini terus berinovasi, Selasa, 1 September 2020.(Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ondak Jaya Desa Pesanggrahan Kecamatan Montong Gading terus berinovasi seiring perkembangan teknologi. Kali ini, SMK swasta yang terletak di Kaki Gunung Rinjani ini berinovasi di bidang transportasi dengan menciptakan motor dan sepeda listrik.

 “Diciptakannya motor dan sepeda listrik oleh siswa SMK Ondak Jaya untuk menjawab teknologi yang semakin canggih,” terang Kepala SMK Ondak Jaya, Mohammad Harmain, S.Pd, kepada Suara NTB, Selasa, 1 September 2020.

Iklan

Hadirnya karya siswa SMK Ondak Jaya ini, untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan transportasi. Sepeda dan motor listrik ini diharapkan memudahkan masyarakat di tengah Bahan Bakar Minyak (BBM) yang terus mengalami kenaikan. Saat ini, jumlah motor listrik yang sudah berhasil diciptakan sebanyak 1 unit dan sepeda listrik 3 unit. “Untuk sepeda dan motor listrik ini tinggal dicas,”jelasnya.

Motor listrik karya siswa SMK Ondak Jaya, memiliki jangkauan hingga 60 kilometer. Sedangkan sepeda listrik mampu menjangkau perjalanan hingga 35 kilometer. Dua karya siswa SMK Ondak Jaya ini diberi nama LEON (Lombok Ebaik SMK Ondak Jaya). SMK Ondak Jaya sendiri berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Al Ihwan Desa Pesanggrahan Kecamatan Montong Gading.

Terciptanya motor dan sepeda listrik ini sebagai wujud nyata SMK yang terletak di Kaki Gunung Rinjani ini tidak ingin ketinggalan dengan sekolah-sekolah negeri maupun swasta yang pada dasarnya memiliki fasilitas yang cukup memadai. “Kita ingin buktikan bahwa dengan fasilitas yang sederhana dimiliki SMK Ondak Jaya. Kita terus berusaha agar mampu mengimbangi bahkan melebihi sekolah-sekolah yang lain dalam berinovasi,”tandas Harmain.

Adapun untuk proses pembuatan motor dan sepeda listrik karya SMK Ondak Jaya sebelum tanggal 17 Agustus 2020 rancangan dan desain gambar mulai dikerjakan. Kemudian untuk pengerjaan fisik motor dan sepeda listrik berhasil dikerjakan selama satu minggu. Sepeda dan motor listrik tersebut tercipta atas kolaborasi dua jurusan yang terdapat di SMK Ondak Jaya. Yaitu untuk konstruksi dan gambar dikerjakan oleh Jurusan Permesinan, sedangkan kelistrikannya dikerjakan oleh Jurusan Elektronika Industri.

 “Untuk karya kedua nanti, dipastikan pengerjaan sepeda dan motor listrik ini dapat tuntas dalam kurun waktu satu hari. Daya beban bisa mencapai 1 kuintal untuk sepeda listrik. Apalagi sepeda motor,”pungkasnya. (yon)