Dapat Rp 7,3 Juta Sebulan, Wakil Rakyat Lobar Minta Kenaikan Tunjangan Perumahan

Giri Menang (Suara NTB) – Meski telah mendapatkan dana tunjangan perumahan bagi anggota DPRD Lombok Barat (Lobar) senilai Rp 7,3 juta per bulan, namun angka itu rupanya dinilai masih kurang bagi para wakil rakyat di DPRD Lombok Barat (Lobar). Untuk itu, anggota DPRD Lobar mengusulkan penambahan dana tunjangan perumahan tahun 2017 mendatang. Namun kenaikan ini dipatok tidak melebihi tunjangan perumahan DPRD Provinsi.

Menurut Wakil Ketua DPRD Lobar, Sulhan Mukhlis, alasan kenaikan tunjangan perumahan ini, karena ada inflasi dan biaya rumah tangga serta fasilitas. Diakuinya, dewan tidak memiliki rumah dinas. Malah jika dibangunkan rumah dinas, maka jatuhnya terlalu mahal. Dalam hal ini, masalah tunjangan perumahan ini diatur dalam ketentuan UU. Bukan maunya Dewan, akan tetapi diatur dalam UU untuk menyiapkan perumahan. Namun pemda tak mampu membangun rumah dinas bagi dewan.

Iklan

Menyoal usulan kenaikan dewan di tengah kondisi masyarakat di daerah ini banyak yang tak punya rumah, menurutnya pihak dewan bersama pemda sudah mengalokasikan program rumah kumuh bagi masyarakat. Di samping itu, dialokasikan pula dari dana desa. “Selama kita tidak menuntut  di luar kewajaran dan diatur dalam UU, ya tidak masalah,” jelasnya.

Dijelaskan lebih jauh, kenaikan dana tunjangan ini disesuaikan tergantung dari hasil tim appraisal oleh pemda. Menurutnya tidak mesti kenaikan tinggi, namun disesuaikan denga estetika, tidak boleh melebihi tunjangan dewan provinsi. Tunjangan provinsi sendiri sekitar Rp 12 juta lebih sedangkan dewan Lobar tunjangan perumahan dinasnya Rp 7,3 juta.

Terkait siapa yang mengkaji kenaikan tunjangan ini yakni tim apraisal yang berasal dari tim independen. Kenaikan tunjangan ini bukan bicara sewa rumah kosong satu tahun, namun di situ ada operasional. Terkait usulan kenaikan ini masih taraf pembahasan dengan pihak eksekutif. Sebab masih pada tataran pengusulan keniaikan, belum diputuskan. “Jadi belum diputuskan ini,” jelasnya. (her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here