Danrem Sidak Penggunaan Masker

Danrem 162/WB, Ahmad Rizal Ramdhani saat mengingatkan pengendara yang tidak memakai masker. Saat bersamaan tim medis melakukan pemeriksaan suhu tubuh. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Warga yang masih meremehkan pemakaian masker saat di luar rumah, siap-siap ditegur aparat.  Jika kedapatan akan diingatkan agar patuh dan disiplin memakai masker. Inspeksi mendadak (Sidak) pun harus dilakukan aparat TNI sejak Senin, 6 April 2020.

Sidak dipimpin langsung Danrem) 162/WB, Kol.CZI Ahmad Rizal Ramdhani bersama Dandim 1606/Lobar Kol.CZI Efrijon Kroll dan puluhan anggota TNI.

Iklan

Sasaran sidak pertama Senin sore lalu di depan SMKN 7 Mataram, berlanjut ke pintu masuk pemeriksaan suhu tubuh di jembatan timbang Gerimax Narmada, berakhir di Jalan Bypass, Gerung Lombok Barat.

Setiap menemukan pengendara, khususnya pengendara sepeda motor tanpa masker, Danrem langsung menyampaikan teguran. Ia mengingatkan kepada setiap pengendara yang ditemui tanpa masker agar melindungi diri.

“Pakai masker itu tujuannya untuk melindungi diri dan orang lain. Demi mencegah penularan virus Covid-19,” kata Kapenrem Mayor Inf. Dahlan, Selasa, 7 April 2020 mengutip peringatan Danrem kepada seorang pengendara.

Dijelaskan kepada pengendara lainnya, pentingnya penggunaan masker demi proteksi dari virus yang tidak terlihat, namun dampaknya berbahaya karena dapat berujung kematian. Terlebih, penggunaan masker sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat hingga daerah sebagai prosedur ketika masyarakat keluar rumah. Prosedur ini bagian dari protokol pencegahan Covid-19.

“Tolong patuhi apa yang disampaikan pemerintah. Harus pakai masker ketika ada di luar rumah. Agar tidak menularkan virus atau tertular virus dari orang lain,’’ tegas Danrem.

menurut Dahlan, Danrem pada kesempatan itu sekaligus mengapresiasi warga yang dengan disiplin memakai masker saat berkendara.

Selain sidak dan memberi peringatan kepada warga, Korem 162/WB juga melibatkan tim  medis dari Dinas Kesehatan Kota Mataram melakukan pemeriksaan suhu tubuh pengendara. Sejumlah pengendara, khususnya yang tidak memakai masker diperiksa suhu tubuhnya menggunakan thermoscan.

Penggunaan masker memang masuk dalam protokol ketat dalam pencegahan Covid-19. Pada situs corona.ntbprov.go.id, dijelaskan prosedur penggunaan masker yang sehat. Terlebih mereka yang demam, batuk, pilek, masker menjadi pelindung yang wajib digunakan demi antisipasi kemungkinan terpapar virus Corona dan berdampak kepada orang lain.  (ars)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here