Dandim Sumbawa Ikut Resmikan Trowongan Bendungan Beringin Sila

Dandim 1607/Sumbawa Letkol Samsul Huda saat hadir dalam peresmian Bendungan Beringin Sila. (Suara NTB/ist_penrem)

Sumbawa (Suara NTB)  – Pembukaan terowongan Pengelak kompleks mega proyek Bendungan Beringin Sila Desa Motong Kecamatan Utan Kabupaten Sumbawa berlangsung Kamis, 30 Januari 2020.

Peresmian itu dipimpin Kepala Pusat Air Tanah dan Air Baku Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR RI Ir. Iriandi Afrizal.

Iklan

Acara peresmian tersebut di tandai dengan penekanan tombol sirine oleh Iriandi Afrizal didampingi Bupati Sumbawa HM. Husni Djibril, B.Sc., Dandim 1607/Sumbawa Letkol Samsul Huda, SE.M.Sc., Kepala BWS NT I Dr. Hendra Ahyadi, ST. MT., Kadis PUPR Provinsi NTB Ir. H. Lalu Ashar, FKPD Kabupaten Sumbawa dan menyaksikan video proses penembusan terowongan.

Bendungan tersebut dalam pandangan Dandim Sumbawa, sebagai saluran alternatif, jika debit air di bendungan utama melebihi kapasitas. “Progres pembangunan fisik bendungan utama direncanakan akan tuntas pada tahun 2022,” ujar Dandim.

Selain itu, mantan Danyonif RK 744/SYB ini berharap bendungan Beringin Sila dapat  dimanfaatkan sesuai tujuan untuk mengairi lahan pertanian. Ini sekaligus  mendukung program swasembada pangan.

“Selain itu juga kita harapkan akan mampu menampung dan  mengatur debit air guna mengantisipasi banjir pada saat musim hujan,” ujarnya. Bendungan ini kedepan juga diharapkan bisa dimanfaatkan untuk daerah wisata terutama bagi masyarakat lokal.

Sementara Bupati Sumbawa Mengucapkan rasa syukur atas pembangunan bendungan dan memberikan apresiasi kepada TNI Polri. Lebih khusus, Kodim 1607/Sumbawa dan Polres Sumbawa yang telah membantu pengamanan selama proses pembangunan bendungan hingga bisa diresmikan. (ars/*)