Dana Pilkades Serentak di KSB Sudah Cair

Taliwang (Suara NTB) – Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) sudah mulai menyalurkkan anggaran untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2016. Pemda Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menyiapkan anggaran sekitar Rp 560 juta untuk 16 desa yang melaksanakan Pilkades.

Kepala BPMPD kepada Suara NTB melalui Kabid Pemerintahan Desa, Agus Sukurdin, BA, Selasa, 25 Oktober 2016 menyebutkan, semua dana untuk Pilkades serentak tahun 2016 sudah dicairkan oleh masing-masing Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD).

Iklan

Bahkan, semua desa sudah melakukan pencairan terhadap dana Pilkades ini. Namun untuk anggaran pelaksanaan Pilkades ini, masing-masing desa akan mendapatkan bantuan sosial (Bansos) sekitar Rp 30 juta. Tergantung jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada, mengingat dalam pelaksanaan nantinya ada juga honor bagi panitia pelaksanaa Pilkades.

Dia menyebutkan saat ini tahapan pilkades sudah memasuki tahap pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas di masing-masing TPS. Selain itu, saat ini juga sudah mulai memasuki tahapan pencetakan surat suara.

“Tiap-tiap desa sudah melakukan percetakan terhadap surat suara ini sesuai dengan spesimen yang sudah kita tetapkan,” ujarnya.

Seraya berharap, mudah-mudahan pelaksanaan Pilkades ini bisa berjalan sukses dan lancar sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. (ils)