Dana Kapitasi Puskesmas Babakan, Kerugian Negara Ditaksir Rp740 Juta

Kadek Adi Budi Astawa (Suara NTB/why)

Mataram (Suara NTB) – Potensi kerugian negara dugaan korupsi dana kapitasi Puskesmas Babakan ditaksir mencapai Rp740 juta. Hal ini menguatkan indikasi korupsi dalam pengelolaan anggaran tahun 2017 hingga 2019 tersebut. Namun, masih diperlukan auditnya. “Sekitar Rp740-an juta tapi itu dari perkiraan penyidik. Masih perlu legitimasi auditor dari BPKP,” ucap Kasatreskrim Polresta Mataram Kompol Kadek Adi Budi Astawa dikonfirmasi Rabu, 15 September 2021.

Hitungan penyidik ini didapatkan dari selisih pertanggungjawaban dengan realisasinya. Sejumlah dokumen bukti-bukti sudah diperiksa. Kemudian diklarifikasi kepada saksi-saksi. “Dari bukti kuitansi belanja, ada juga LPJ,” terangnya. Kasus ini sudah dinaikkan ke tahap penyidikan. Penyidik Unit Tipikor menemukan sekurangnya dua alat bukti yang cukup. Hal ini berkaitan dengan perbutan melawan hukumnya serta indikasi kerugian negaranya.

Iklan

Unsur niat jahat atau mens-rea sudah ditemukan. Modus indikasi korupsinya diduga markup pada pertanggungjawaban serta pemotongan insentif jasa pelayanan kesehatan (Jaspelkes). “Setelah ini pemeriksaan lagi,” kata Kadek Adi. Puskesmas Babakan mengelola dana kapitasi sebesar Rp1,1 miliar per tahun dari jumlah kepesertaan BPJS Kesehatan 15 ribu orang. Indikasi penyimpangannya diduga selama tiga tahun anggaran, sejak tahun 2017 sampai tahun 2019.

Dana ini kemudian digunakan untuk membiayai jasa pelayanan kesehatan dengan komposisi 60 persen. Antara lain untuk pembayaran insentif tenaga kesehatan dan insentif tenaga nonkesehatan. Hitungannya berdasarkan jabatan, jenis ketenagaan, dan jumlah kehadiran.

Sementara sebesar 40 persennya dipakai untuk operasional jaya pelayanan. Seperti pembelian obat, pengadaan alat kesehatan, pengadaan bahan medis habis pakai, pelayanan kesehatan di dalam dan luar gedung, pemeliharaan, bahan cetak dan ATK, administrasi, koordinasi program, sistem informasi, dan peningkatan SDM. (why)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional