Dampak Aktivitas Gunung Agung, LIA Berstatus Siaga

Praya (Suara NTB) – General Manajer Angkasa Pura (AP)   Lombok International Airport (LIA), I Gusti Ngurah Ardhita menegaskan saat ini LIA statusnya siaga. Menyusul terjadi peningkatan aktivitas Gunung Agung di  Bali yang saat ini statusnya siaga.

Di sekitar kawasan Gunung Agung, pemerintah daerah setempat telah mengungsikan ribuan warganya untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan terjadinya letusan. Ngurah Ardhita mengatakan, pihaknya terus melakukan pemantauan dan berkoordinasi dengan BMKG. Kendati hingga Jumat pagi, 22 September 2017 kemarin, aktivitas di LIA masih berjalan normal.

Iklan

‘’Belum ada penundaan jadwal penerbangan. Pesawat masih lalu lalang, sambil kita terus memantau dan tetap siaga,’’ katanya.

Ngurah Ardhita mengatakan, AP punya SOP terkait informasi aktivitas Gunung Agung. Bandara katanya,  sudah menyiapkan langkah-langkah manakala terjadi berbagai kemungkinan dampak aktivitas Gunung Agung.

Selain berkoordinasi dengan BMKG dan pihak terkait di Bali, AP I juga memiliki sistem yang terhubung langsung dengan BMKG yang dapat menerima langsung informasi alam setiap saat. Termasuk memonitor melalui satelit.

‘’Untuk sementara kami pastikan (aktivitas) bandara (LIA) masih berjalan normal,’’ ujarnya. (bul)