DAK Perumahan 2021 Alokasikan Rehab Ratusan Unit Rumah di Sumbawa

Zubhan.(Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Kabupaten Sumbawa kembali mendapatkan alokasi DAK Perumahan dari pemerintah pusat. Untuk tahun ini nilainya mencapai Rp2,987 Miliar. Diperuntukkan untuk peningkatan kualitas 142 unit rumah.

Sebagaimana disampaikan Kabid Bangunan Gedung dan Perumahan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Sumbawa, Zubhan S.T, Minggu, 2 Mei 2021. DAK Perumahan yang diluncurkan pusat pada 2021 ini, salah satubya untuk penanggulangan ekonomi nasional bagi yang terdampak pandemi Covid. Pekerjaannya bersifat padat karya dengan model pengadaan swakelola.

Iklan

Terdapat sebanyak 142 unit rumah tidak layak huni pada lima kecamatan di enam desa yang akan direhab dari DAK tersebut. Yakni, desa Gapit kecamatan Empang, Selantr kecamatan Pelampang, Dete. kecamatab Lape, desa Ropang kecamatab Ropang. Serta desa Semamung dan Leseng kecamatan Moyo Hulu. Pagu anggaran perunit rumah Rp20 Juta. Naik dari tahun sebelumnya Rp17,5 Juta. “Ada kenaikan pagu tahun ini, dengan harapan masyarakat penerima bantuan juga sekalian bisa membangun WC,”terang Zubhan.

Terkait pelaksanaan DAK Perumahan ini, Dinas PRKP baru saja menerima Juklak dan Juknis yang mengacu kepada Peraturan Menteri PUPR No 5 tahun 2021. Pihaknya pun langsung bergerak cepat dengan telah melakukan perekrutan tenaga fasilitator lapangan. “Sekarang ini, dilakukan identifikasi penerima bantuan di enam lokasi program ini. Lalu membuat kontrak dengan SK Bupati,”sebut zubhan.

Zubhan memperkirakan pada Mei ini, pengerjaan rehab rumah sudah dapat dilakukan. Dengan harapan dalam waktu tiga bulan kedepan, proses pengerjaan rumah sudah tuntas di lapangan. (arn)  

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional