DAK dan DAU Mataram Dipangkas

H. M. Syakirin Hukmi. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Kementerian Keuangan kembali memangkas transfer dana alokasi khusus (DAK) dan dana alokasi umum (DAU) seluruh kabupaten/kota dan provinsi. Pemangkasan ini guna mendukung penanganan pandemi coronavirus disease.

Kebijakan itu sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 17/PMK.07/2021 tentang pengelolaan transfer ke daerah dan dana desa tahun anggaran 2021.

Iklan

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Mataram, H. M. Syakirin Hukmi membenarkan terjadi pengurangan atau pemangkasan transfer DAU dan DAK oleh Kemenkeu. Transfer DAU sebelumnya Rp588 miliar berkurang menjadi Rp569 miliar atau dipotong sekitar Rp18 miliar. Sementara, dana alokasi khusus (DAK) penugasan sebelumnya diperoleh Rp16.497.463.206 juga mengalami pengurangan mencapai Rp6 miliar, sehingga tersisa Rp11,4 miliar.

Anggaran DAK dikurangi untuk bidang pariwisata, perumahan dan pemukiman serta kesehatan dan keluarga berencana. “Iya sudah ada PMK sehingga DAK dan DAU kita dipangkas,” kata Syakirin dikonfirmasi Jumat, 19 Februari 2021.

Permenkeu nomor 17/PMK.07/2021 tentang pengelolaan transfer ke daerah dan dana desa tahun anggaran 2021 kata Syakirin, mendukung program penanganan pandemi Covid-19. Tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) segera akan membahas hal tersebut, untuk segera merealokasikan atau merefocusing kembali anggaran. “Makanya segera kita lakukan refocusing atau realokasi anggaran,” tandasnya.

Untuk refocusing atau realokasi anggaran akan diminta Pemprov NTB memfasilitasi cara pengelolaan dan penganggaran, sehingga tidak menyalahi petunjuk pelaksanaan maupun petunjuk teknis. “Kita perlu minta bantuan provinsi untuk memfasilitasi cara penggunaan anggaran,” tandasnya.

Syakirin memastikan kebijakan pemerintah pusat itu pasti mempengaruhi program pemerintah daerah. Artinya, program yang telah direncanakan sebelumnya bisa saja tertunda karena anggarannya dialihkan. Kendati demikian, ia belum berani memastikan program apa saja yang harus ditunda atau dilanjutkan karena harus melihat skala prioritas. (cem)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional