Curanmor di Dompu Makin Marak

Dompu (Suara NTB) – Tingginya kasus tindak pidana pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Dompu tahun ini, disinyalir karena kuranganya pengawasan mandiri dari masyarakat. Masyarakat terkesan membebankan keamanan harta bendanya kepada aparat kepolisian.

Pekan lalu laporan kehilangan masuk ke Mapolres Dompu dua kasus, Jumat, 11 November 2016 ini kejadian serupa kembali terjadi, tepatnya di Lingkungan Balibunga, Kelurahan Kandai Dua dan dua sepeda motor raib digondol maling. “Kendaraan harusnya disimpan dalam rumah dan caranya harus pakai kunci pengaman tambahan,” kata Wakapolres Dompu, Kompol Etek Riawan, SH yang ditemui di ruang kerjanya, Jumat, 11 November 2016.

Iklan

Etek Riawan mengatakan, saat ini spesialis kejahatan tiga C, khususnya curanmor kembali mengancam wilayah Dompu. Ia meminta masyarakat intens memberi laporan atas dugaan tindak pidana yang ditemukan di lapangan.

Selain upaya pengawasan mandiri juga diharapkan ada pengamanan kelompok, seperti mengaktifkan kembali peran pos kamling di masing-masing lingkungan. Dengan begitu masyarakat tidak lagi terpaku pada jaminan keamanan sepenuhnya dari aparat kepolisian.“Saya melihat masyarakat kita sudah lupa soal siskamling itu. Sebenarnya kalau masyarakat mau membuat aturan lingkungan itu akan sangat efektif sekali,” ujarnya.

Hal lain yang juga ditekankan pihaknya yakni, peran bhabinkamtibmas di masing-masing lingkungan harus lebih aktif lagi, baik upaya pembentukan forum komunikasi keamanan masyarakat maupun peningkatan aktivitas patroli di titik-tik rawan. “Ini memang tugasnya bhabinkabtibmas untuk memberikan masukan kepada masyarakat,” katanya.

Diakui, tahun ini tingkat kasus pencurian kendaraan bermotor mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hanya persentase peningkatan itu belum diketahui pasti pihaknya. “Nanti di Kasat Reskrim atau Kabag Ops, karena data-datanya di sana semua,” pungkasnya. (jun)

  Ini Identitas Korban Tewas Kecelakaan Kapal TKI Ilegal Asal Lombok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here