Cukup 3 Menit, Peserta JKN-KIS Bisa Mengetahui Kondisi Kesehatannya

Aplikasi Mobile JKN

Selong, (suarantb.com)– Di era sekarang yang serba digital, masyarakat telah disuguhi dengan berbagai macam kemudahan, salah satunya adalah kemudahan saat belanja yang dahulu kita harus pergi ke pusat perbelanjaan atau ke pasar, namun saat ini hanya memencet tombol dengan satu jari melalui layar ponsel semua sudah bisa diraih di depan mata. Tidak hanya itu, sekarang masyarakat sudah tidak perlu pergi ke luar negeri untuk melihat dunia, cukup melalui layar ponsel kita sudah bisa melihat dunia luar hanya dalam satu hari.

Tidak ingin ketinggalan dengan era yang serba digital, BPJS Kesehatan juga memanfaatkan moment tersebut dengan menciptakan aplikasi canggih untuk mengakomodir seluruh kebutuhan masyarakat terkait kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), yaitu aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh secara gratis melalui telepon genggam. Aplikasi Mobile JKN ini dibuat untuk memudahkan peserta dalam mengurus kepesertaan JKN-KISnya.

Iklan

“Dahulu orang perlu datang ke kantor untuk mengurus kepesertaan JKN-KISnya. Namun, setelah ada aplikasi Mobile JKN, kini masyarakat khususnya peserta JKN-KIS dapat mengurus kebutuhan tersebut hanya dengan mengakses aplikasi Mobile JKN di mana saja, bahkan di rumah sekalipun,” kata Angga (17) saat ditemui.

Angga menilai, dengan  adanya beragam fitur yang terdapat pada aplikasi tersebut, bisa mengakomodir segala kebutuhan masyarakat yang serba praktis. Ia menyoroti adanya fitur antrean online yang dapat dimanfaatkan peserta JKN-KIS apabila ingin melakukan kunjungan ke fasilitas kesehatan.

“Kini, adanya fitur antrean online, kita tidak perlu ke faskes untuk sekedar mengambil nomor antrean, cukup duduk di rumah dan mendaftar online. Apalagi, di era pandemi Covid-19 sekarang ini, BPJS Kesehatan juga menambah fitur pada aplikasi Mobile JKN berupa Skrining Mandiri Covid-19 yang berfungsi untuk mengetahui potensi terhadap penularan dari Covid-19, tambah Angga.

  Lakukan Terobosan Baru, BPJS Kesehatan Luncurkan Fitur Skrining Mandiri Covid-19

Menurut Angga, fitur skrining mandiri Covid-19 ini sangat membantunya untuk mengetahui potensi ia tertular Covid-19 karena di sekitar rumahnya sudah ada beberapa yang terkonfirmasi positif Covid-19.
“Dengan adanya beragam fitur dalam aplikasi Mobile JKN, sudah sangat bagus dan dapat mengakomodir segala kebutuhan masyarakat. Apalagi di era pandemi Covid-19 ini, kita bisa mengetahui kondisi kesehatan kita hanya tinggal isi beberapa pertanyaan cuma 3 menit. Keren,” ungkap Angga.

Menurut Angga aplikasi ini sangat memudahkan untuk mendeteksi apakah berpotensi terpapar Covid-19 dengan cara mengisi sederetan pertanyaan yang tertera pada aplikasi tersebut, setelah kurang lebih 3 menit mengisi, responden dapat melihat langsung hasil skriningnya. (r/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here