Cuaca Tak Menentu, Ketersediaan Beras di Lotim Masih Terkendali

Ilustrasi beras (suarantb.com/ist)

Selong (Suara NTB) – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) mengklaim bahwa ketersediaan beras di daerah ini masih aman. Pasalnya ketersediaan beras dalam kurun waktu Januari hingga akhir Maret ini hampir 90.000 ton. Jumlah ini melebihi kebutuhan yaitu 80.000 ton hingga bulan Juni mendatang.

Ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin, 22 Maret 2021, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lotim, Ir. H. Masyhur., SP mengatakan meskipun dengan kondisi cuaca yang tidak stabil seperti sekarang ini. Ketersediaan beras di Lotim masih tetap aman untuk beberapa bulan bahkan satu tahun ke depan.  Terutama memasuki bulan Ramadhan, dipastikan aman karena saat itu akan terjadi panen raya.

Iklan

Untuk itu, ia mengharapkan supaya harga beras tetap stabil dan tidak mengalami penurunan maupun kenaikan harga yang cukup signifikan. Bahkan pada Bulan Maret ini hasil produksi beras di Lotim sampai mencapai 95.000 ton. Belum lagi tambahan dari stok 9.000 ton sampai bulan Juni serta panen pada bulan April, Mei dan Juni.

Kita di Lotim masih memiliki stok beras sekitar 9.000 ton meskipun tidak panen pada Bulan April, Mei dan Juni. Apabila panen kita berhasil pada tiga bulan ini, Lotim aman dari segi ketersediaan beras,” ungkapnya. Dari ketersediaan tersebut, H. Masyhur meyakini harga beras dan akan mengalami kenaikan. Sebaliknya akan mengalami penurunan karena terjadi limpahan beras atas panen raya yang akan berlangsung pada Bulan April mendatang. Sehingga inilah yang perlu distabilkan di tingkat masyarakat agar tidak terjadi permainan dan ada pihak yang diuntungkan maupun dirugikan.

Pemda Lotim, kata dia, tetap melakukan pemantauan harga beras dengan jenis beras yang sering dipantau dengan kualitas medium satu dan dua karena yang paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat bawah dengan harga, Rp9.000 sampai Rp10.000 perkilogram. Sementara untuk beras jenis super, itu untuk masyarakat menengah ke atas yang harga bisa mencapai, Rp12.000 perkilogram. (yon)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional