Cuaca Ekstrem, Loteng Gelar Apel Siaga Bencana

Apel gabungan yang melibatkan semua unsur untuk mengantisipasi dan penanggulangan bencana di Makodim Loteng, Kamis, 2 Desember 2021.(Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) kini tengah dalam kondisi siaga bencana, menyusul kondisi cuaca ekstrem yang masih terus berlangsung hingga saat ini. Guna mengecek kesiapan dalam menghadapi potensi bencana, semua unsur terkait di daerah ini, Kamis, 2 Desember 2021, menggelar apel gabungan bertempat di Makodim 1620/Loteng.

Unsur yang terlibat TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Basarnas, BPBD, Dinas PUPR hingga Dinas Kesehatan (Dikes). “Apel gabungan ini digelar untuk mengecek kesiapan kita menghadapi potensi bencana. Baik kesiapan personi hingga sarana penunjang yang akan digunakan nantinya,” sebut Dandim 1620/Loteng, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, S.IP.

Iklan

Ia menjelaskan, cuaca ekstrem yang saat ini masih berlangsung patut diwaspadai. Karena bisa memicu beberapa bencana alam. Mulai dari banjir, tanah longsor maupun bencana alam lainnya. Sehingga pemerintah beserta semua unsur pendukung perlu melakukan langkah-langkah antisipasi sejak dini.

Paling tidak mempersiapkan personel dan sarana pendukung yang bisa diterjunkan apabila sewaktu-waktu dibutuhkan untuk membantu penanganan bencana alam yang terjadi di daerah ini. “Kesiapsiagaan bencana alam memang harus menjadi perhatian utama kita, mengingat saat ini kita sudah memasuki musim penghujan,” terangnya.

Terlebih lagi, letak geografis Indonesia khususnya lagi NTB yang berada di antara dua samudera besar yang terletak di wilayah lempeng tektonik (Ring of Fire), membuat Indonesia rawan terkena gempa bumi yang dapat menimbulkan tsunami. Dan, keterlibatan TNI diharapkan bisa benar-benar membantu penanggulangan bencana alam yang terjadi di daerah ini.

Kepada personel TNI, Dandim pun mengingatkan supaya menjalankan tugas dengan penuh semangat. Tidak semata-mata menjalankan tugas kedinasan, namun ada juga misi kemanusiaan di dalamnya. “Membantu masyarakat yang terkena bencana bagi TNI bukan hanya soal menjalan tugas. Tetapi juga menjalankan misi kemanusiaan,” tandasnya.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Dandim 1620/Loteng di dampingi Kapolres Loteng, AKBP Hery Indra Cahyono dan Kasat Pol PP Loteng, Drs. H.L. Aknal Afandi. Pada kesempatan itu, semua personel yang terlibat dalam penanganan bencana dicek kesiapan. Termasuk semua sarana penunjang yang akan digunakan. Mulai dari kendaraan taknis hingga peralatan pendukung lainnya. (kir)

Advertisement