Cuaca Ekstrem, Bima Siaga Bencana Hidrometeorologi

Posko siaga bencana bersama yang dibangun di Kantor BPBD Kabupaten Bima dalam mengantisipasi cuaca ekstrem yang berdampak bencana hidrometeorologi. (Suara NTB/Uki)

Bima (Suara NTB) – Pemerintah Kabupaten Bima melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) membentuk tim siaga dan Posko bersama untuk meghadapi cuaca ekstrem yang menyebabkan bencana hidrometeorologi di Kabupaten Bima.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bima, Aries Munandar, ST,MT, mengatakan tim siaga yang dibentuk akan melibatkan berbagai unsur. Seperti TNI/Polri, Satuan Polisi Pamong Praja, TRC BPBD dan Pemadam Kebakaran.

Iklan

“Pembentukan tim siaga ini sebagai langkah membangun komitmen bersama dengan TNI/Polri dalam menanggulangi bencana hidrometeorologi di Kabupaten Bima,” katanya.

Menurutnya, tim tersebut nantinya akan mengambil langkah-langkah strategis kongkret. Salah satunya dengan mengaktivasi terbentuknya Posko Siaga Bencana bersama yang dipusatkan di kantor BPBD Kabupaten Bima.

Selain itu, lanjutnya, Posko Siaga Bencana bersama akan dibangun juga di tiap kecamatan yang ada di Kabupaten Bima dengan melibatkan unsur Muspika, Babinsa Bhabinkamtibmas, Aparat Pol PP Kecamatan, penggiat lingkungan, relawan dan masyarakat.

“Ke depannya Posko ini diharapkan dapat bersinergi dengan berbagai unsur lainnya seperti SAR, BMKG Tagana, PMI dan penggiat kebencanaan lainnya,” harapnya.

Ia mengaku pembentukan tim siaga dan Posko bersama itu tindaklanjut dari arahan Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE yang menekankan perlunya dibangun komitmen bersama dalam mengatasi Isu lingkungan dan kebencanaan.

“Bupati meminta Posko Siaga Bencana bersama ini dapat menyusun protap penanganan bencana bersama yang terintegrasi dengan Rencana Kontijensi yang telah disusun sebelumnya,” ujarnya.

Aris juga menambahkan saat cuaca ekstrem, bencana hidrometeorologi yang rawan terjadi di wilayah Kabupaten Bima, antara lain banjir, hujan lebat, tanah longsor, angin kencang, gelombang tinggi hingga kebakaran. (uki)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional