CPNS Loteng Dibekali Materi Bela Negara

Puluhan CPNS Loteng mendapat pembekalan bela negara dari TNI - Polri, Kamis, 26 Agustus 2021. (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Sebanyak 40 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) yang merupakan peserta Latihan Dasar (Latsar) angkatan ke V mendapat pembekalan bela negara dari Kodim 1620/Loteng. Harapannya, bisa menumbuhkan semangat nasionalisme serta bela negara di kalangan para CPNS lingkup Pemkab Loteng. Materi disampaikan Kapten Inf. Suliono, S.IP., bertempat di Balai Karya Loteng, Kamis, 26 Agustus 2021.

“Dengan membekali para CPNS tentang bela negara yang nilai-nilai dasarnya meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kesetiaan pada pancasila, rela berkorban dan penguasaan kemampuan awal bela negara, semangat cinta tanah air dan nasionalisme di kalangan CPNS bisa semakin kuat,” sebut Dandim 1620/Loteng, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, SIP.

Iklan

Sebagai calon aparatur pemerintahan, CPNS sudah seharusnya mengambil bagian sebagai lini terdepan dalam setiap upaya bela negara. Sesuai dengan bidang tugas dan tanggung jawab masing-masing, sehingga para CPNS benar-benar siap untuk mengabdikan diri secara total kepada negara dan bangsa.

“Kesiagaan bela negara ini juga berarti siap untuk menghadapi berbagai ancaman multidimensional yang bisa saja terjadi di masa yang akan datang. Sehingga penting kesiapsiagaan bela negara bagi CPNS. Sebagai titik awal langkah panjang pengabdian yang didasari oleh nilai-nilai dasar negara,” ujarnya.

Poin penting nantinya begitu para peserta Latsar kembali ke instansi masing-masing bisa terbentuk semangat nasionalis, mandiri, pemberani dan berjuang serta pantang menyerah. “Dengan pembekalan ini, peserta Latsar nantinya mampu mempraktikkan, memahami tata cara keprotokolan dan penguatan mental dengan penekanan pada aspek kedisiplinan, kepemimpinan, kerjasama, dan prakarsa,” kata Tangkas.

Pihaknya mengharapkan CPNS yang mengikuti pelatihan terbangun komitmen dan loyalitas terhadap negara dalam menjalankan tugas sebagai PNS yang profesional dan melayani masyarakat.

“Ada lima nilai bela negara. Rasa cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia kepada Pancasila sebagai Ideologi negara, dan mempunyai kemampuan bela negara,” tambah Kabag. SDM Polres Loteng, AKP Nuraini pada kesempatan yang sama.

Bela negara tegasnya merupakan tekad sikap dan perilaku serta tindakan warga negara, baik secara perorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan negara. Keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasiala dan UUD 1945. (kir)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional