Covid-19 Kembali Meningkat di Dompu

Maman. (Suara NTB/ula)

Dompu (Suara NTB) – Temuan pasien positif Covid-19 di Kabupaten Dompu mengalami trand peningkatan dalam pekan terakhir. Peningkatan pasien positif korona di Dompu bukan sebagai klaster lebaran Idul Fitri, karena peningkatan mulai terjadi sebelum lebaran.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Maman, SKM, MMKes kepada wartawan, Jumat, 28 Mei 2021 mengakui ada penambahan 7 kasus baru pasien positif Covid-19 di Dompu seperti hasil rilis tim gugus tugas Covid-19 Provinsi NTB, Kamis, 27 Mei 2021. Mereka ini adalah pasien RSUD Dompu dan pekerja di PT Sumbawa Timur Mining (STM) yang diteksi sebelum mulai bekerja. “PT STM menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Mereka ingin memastikan, setiap pekerja yang bekerja bebas dari Covid-19 dan itu ditandai dengan hasil swab test yang dilakukan,” kata Maman.

Iklan

Maman mengakui, peningkatan kasus positif Covid-19 di Dompu sebagai dampak dari kendornya disiplin masyarakat dalam penegakan protokol kesehatan Covid-19. Seperti kerumunan di mana – mana, dan kesadaran menggunakan masker kembali kendor. “Ini yang harus terus kita tingkatkan kedepan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” katanya.

Kendati ada kenaikan kasus, Maman berharap, pasien positif Covid-19 tidak bergejala sedang hingga berat dan menimbulkan korban jiwa. Ketika tidak bergejala, mereka ini cukup dirawat dan menjalani isolasi untuk meningkatkan imun tubuh.

Maman juga berharap, operasi yustisi yang sempat gencar dilakukan aparat keamanan terhadap pelanggar protokol kesehatan agar kembali digencarkan. Operasi tersebut cukup membantu menekan penyebaran Covid-19. “Sekarang kita sedang intensnya melakukan rapid tes antigen bersama kepolisian dan TNI. Harapannya bisa mendeteksi dini Covid-19. Rapid antigen itu 80 sampai 100 persen akan positif (covid-19) ketika dilakukan tes swab,” katanya. (ula)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional