Covid-19 Ganjal Penjaringan Atlet Pelajar

Bima (Suara NTB) – Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) di Kota Bima, tidak saja berdampak pada pembatasan kegiatan usaha masyarakat. Bencana non alam tersebut, juga mengganjal proses penjaringan atlet pelajar, terutama untuk cabang olahraga andalan seperti takraw, sepak bola, pencak silat, voli dan atletik.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Bima, Abdul Haris Kurniawan, S. IP., MM., kepada Suara NTB di kantornya, Jumat, 23 Juli 2021 menyampaikan, selama ini pihaknya rutin menjaring atlet berbakat dengan menggelar berbagai turnamen kejuaraan antar pelajar se-Kota Bima.

Iklan

Namun semenjak Covid-19 melanda, ruang gerak mereka menjadi terbatas untuk melaksanakan kegiatan tersebut. “Kita lihat situasi sekarang, jangankan bermain untuk ibadah saja dibatasi,” ungkapnya.

Tahun 2019 lalu, pihaknya sempat melakuan penyeleksian atlet pelajar yang akan mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda), tetapi karena Covid-19 agenda tersebut batal digelar. Kondisi itu, lanjut dia, rupanya berlanjut sampai sekarang, bahkan membuat penjaringan atlet sulit digelar.

Penjaringan atlet pelajar sambungnya penting dilakukan untuk bisa melahirkan atlet-atlet berprestasi dikancah nasional maupun internasional. Terutama pada lima Cabang Olahrag (Cabor) unggulan Kota Bima, seperti takraw, sepak bola, voli, pencak silat dan atletik. “Penjaringan dengan turnamen ini penting, karena di sana kita bisa mengukur kemampuan anak-anak,” jelasnya.

Jika melihat perkembangan kasus Covid-19, apalagi dengan munculnya varian delta di Kota dan Kabupaten Bima, Abdul Haris Kurniawan pesimis penjaringan atlet pelajar bisa digelar tahun ini.

Meski demikian, ia menaruh harapan besar kepada semua elemen untuk selalu mentaati protokol kesehatan agar pandemi ini segera berlalu, sehingga tiap program kegiatan bisa kembali berjalan normal. “Harapan kita masyarakat tetap taat protokol, biar aktifitas kegiatan bisa kembali normal,” pungkasnya. (jun)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional