Covid-19 di Sumbawa, Banyak Kasus yang Sumber Penularannya Belum Terlacak

H. Didi Darsani. (Suara NTB/ind)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Kasus Covid-19 di Kabupaten Sumbawa kian menghawatirkan. Hingga Rabu, 20 Januari 2021, tercatat sebanyak 185 orang yang masih positif. Kondisi ini diperparah karena sudah terjadinya transmisi lokal.  Akibatnya  tidak sedikit kasus yang sumber penularannya belum diketahui.

“Cukup tinggi yang belum teridentifikasi (riwayat kontak, red).  Artinya saat ini kalau sudah transmisi lokal seperti ini,  memang kita sudah susah mencari siapa dan dari mana sumber penularannya,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Sumbawa, Drs. H. Didi Darsani, A.Pt saat dikonfirmasi wartawan, Rabu, 20 Januari 2021.

Iklan

Terhadap kondisi ini, jelasnya, yang bisa dilakukan adalah menertibkan aktivitas masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan yang ada. Karena sekarang ini masyarakat banyak yang sudah abai dan menganggap covid-19 tidak berbahaya. Upaya ini diyakini dapat memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kabupaten Sumbawa. “Kita harus kembali lagi kepada protokol kesehatan yang disarankan. Seperti  menjaga jarak, pakai masker dan menghindari kerumunan. Kalau kita mau kembali ke situ, otomatis penularannya bisa kita hentikan,” terangnya.

Selain itu, lanjutnya, saat ini pihaknya juga terus berupaya melakukan penelusuran kontak. Terutama terhadap mereka yang kontak erat dengan pasien positif covid-19.  “Kita terus cari melalui tracing  kontak, terutama yang kontak erat dan sudah bergejala di rumah sakit. Itu kita terus lakukan tracing kontak,” ungkapnya.

Berdasarkan data terbaru hingga 20 Januari 2021, total yang terkonfirmasi positif di Kabupaten Sumbawa mencapai 929 kasus. Dari jumlah tersebut, dinyatakan sembuh sebanyak 691 kasus, meninggal dunia 53 kasus,  dan masih positif sebanyak 185 kasus. (ind)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional