Charoen Pokphand Jaya Farm Cabang Lombok Distribusikan Seratusan Ribu Butir Telur untuk Penanganan Covid-19 di NTB

Pendistribusian 20.000 telur dari Charoen Pokphand melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – PT. Charoen Pokphan, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penetasan anak ayam (DOC) berjaringan internasional sudah mendistribusikan lebih dari seratus ribu butir telur untuk mendukung perang melawan wabah Covid-19 di Nusa Tenggara Barat (NTB). Telur sebanyak itu didistribusikan melalui fasilitas kesehatan, pemerintah daerah, dan stakeholders terkait. Bantuan telur akan terus digulirkan, menyesuaikan ketersediaan dan produksi telur hasil peternakannya di Lombok.

Manager Hatchery PT. Charoen Pokphan Jaya Farm Cabang Lombok, NTB, Ir. M. Saleh, kepada media ini merincikan, telur-telur itu didistribusikan atas inisiatif perusahaan sendiri, sebagai bagian dari program Corporate Sosial Responsibility (CSR) atau program sosial, dan atas permintaan dari kelompok masyarakat serta stakeholders.

Iklan

Saleh menjelaskan, bantuan telur itu terdistribusi di Pulau Lombok dan Kabupaten Sumbawa. Saat ini, pihaknya juga tengah mengajukan ke manajamen untuk mengalokasikan bantuan telur ke Kabupaten Lombok Utara. Alasannya, kabupaten paling bontot di NTB ini tahun 2018 lalu merasakan dampak paling parah akibat gempa. Belum pulih masa recovery, pandemi Covid-19 menjadi momok yang membelenggu seluruh aktivitas. Apalagi kabupaten Lombok Utara adalah daerah yang mengandalkan sektor pariwisata. Dan sektor ini sedang lumpuh karena corona.

“Saya pikir di sana (Lombok Utara) sangat lebih membutuhkan lagi karena sebelumnya terdampak parah juga karena gempa tahun 2018,” kata M. Saleh.

Dari total 110.220 butir telur yang sudah didistribusikan, tersebar di Lombok Timur yang diserahkan melalui posko Covid-19. Selain itu, pendistribusian dilakukan melaui dinas yang membidangi peternakan, baik kabupaten maupun provinsi NTB. Ada juga yang didistribusikan ke rumah sakit untuk memenuhi kebutuhan para tenaga medis agar tetap bugar sebagai ujung tombak penanganan Covid-19. Di antara rumah sakit tersebut, yaitu RS. Dr. Soedjono Selong, Lombok Timur, RSUD Kota Mataram, dan RSUD Provinsi NTB rutin dipasok. Masing-masing lebih dari seribu butir.

  Puluhan Kendaraan Plat Luar Daerah Terjaring Razia

“RSUD Selong yang masih berjalan terus. Jadwalnya setiap hari Sabtu. Kalau RSUD NTB dan RSUD Kota Mataram dua kali saja, masing-masing sebanyak 2.000 butir,” jelas Saleh.

Charoen Pokphand mendistribusikan 20.000 butir telur melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB. Juga melaui Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa sebanyak 40.000 butir telur.

“Bantuan CSR telur ini di mulai sejak bulan Januari 2020 untuk menanggulangi stunting dan program makan telur bersama melalui TK,SD, dan Pondok pasantren khususnya di wilayah Sakra Timur dan Sembalun di Lombok Timur. Dalam hal membantu perbaikan gizi anak balita perusahaan kami juga melakukan pembagian telur melalui posyandu-posyandu yang ada di sekitar perusahaan setiap bulan. Kami akan berusaha sebisa mungkin membantu dan mendukung program pemerintah, selama produksi masih tersedia,” demikian ujar M. Saleh. (bul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here