Cermin Kerukunan, Salat Idulfitri dan Misa Kenaikan Isa Almasih Berdekatan

Umat Katolik mengikuti protokol kesehatan sebelum memasuki gerbang Gereja Katolik Santa Maria Immaculata Mataram, Kamis, 13 Mei 2021 pagi.(Suara NTB/ron)

Mataram (suarantb.com) –Cermin kerukunan antar umat beragama begitu terasa pada Idulfitri 1442 H yang bertepatan juga dengan hari raya Kenaikan Isa Almasih, pada Kamis, 13 Mei 2021. Salah satu momen kerukunan terlihat saat salat Idulfitri digelar di Lapangan Bumi Gora, Kantor Gubernur NTB, Kamis, 13 Mei 2021 pagi. Sementara misa memperingati hari raya Kenaikan Isa Almasih dilaksanakan di Gereja Katolik Santa Maria Immaculata Mataram yang letaknya tak jauh dari Kantor Gubernur NTB.

Pastor Paroki Gereja Katolik Santa Maria Immaculata Mataram, RD. Laurensius Maryono ditemui sebelum perayaan misa, Kamis, 13 Mei 2021 pagi menyampaikan, misa dan salat Id dilaksanakan bersamaan, bahkan tempat parkir kendaraan juga dipakai bersama. Hal itu menandakan persatuan dan kerukunan yang terjalin melalui perayaan hari raya ini.

Iklan

“Keadaan inilah yang seharusnya terjadi, diharapkan saling rukun, menghormati dan menghargai satu sama lain. Meskipun berbeda agama dan keyakanan, tapi kita bisa merayakan perayaan ini secara bersama,” ujar RD. Laurensius.
Untuk diketahui, letak Kantor Gubernur Provinsi NTB dan Gereja Katolik Santa Maria Immaculata Mataram sama-sama berada di Jalan Pejanggik, Kota Mataram.

Ia mengharapkan, ke depan suasana kerukunan terus terjaga dan bersatu, serta dijauhkan dari segala perselisihan dan konflik. “Sehingga NTB Gemilang, Indoneia Maju bisa terwujud, kompak rukun bersatu, damai, dijauhkan dari segala perselisihan konflik apapun sehingga pembangunan di NTB tetap berjalan,” harapnya.
Sementara terkait hari raya kenaikan Isa Almasih, RD. Laurensius menjelaskan, peringatan tersebut bisa dimaknai bagi umat untuk menyebarkan misi Yesus mewartakan injil ke seluruh dunia melalui kesaksian hidup. “Dimulai dari keluarga kita masing-masing,” ujarnya.

Terpisah, melalui keterangan yang diterima Suara NTB, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dan ratusan jemaah pria dan wanita melaksanakan salat Idulfitri tahun ini di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB dengan protokol kesehatan ketat, pada Kamis, 13 Mei 2021. Salat Idulfitri di Kantor Gubernur NTB itu diikuti pula olek Sekretaris Daerah (Sekda) NTB, para asisten Gubernur, dan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Salat Idulfitri itu diimami Ustaz H. Abdul Hamid.

Khatib Dr. Abdul Fatah, yang merupakan Dosen Universitas Islam Negeri Mataram menguraikan, puasa dan Idulfitri di tengah pandemi selayaknya melahirkan sifat profetik atau kenabian. Seperti diucapkannya dalam khotbah, pemerintah sudah seharusnya terus menerus memegang prinsip memperjuangkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. “Mari bersama-sama menyadari pentingnya bersikap dan bertekad untuk ikut berpartisipasi membangun NTB, hidup produktif dengan tetap menjaga protokol kesehatan,” ujarnya. (ron)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional