Cek Sirkuit Mandalika, Kabaharkam Polri Minta Pengamanan Harus Fokus dan Profesional

Kabaharkam Polri Arief Sulistyanto (tengah) mendengarkan penjelasan terkait pembangunan sirkuit Mandalika dalam kunjungan di proyek pembangunan sirkuit Mandalika, didampingi Kapolda NTB, M. Iqbal, Sabtu, 28 Agustus 2021. (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Kabaharkam Polri Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Drs. Arief Sulistyanto M.Si. Sabtu, 28 Agustus 2021, mengecek langsung proses pembangunan sirkuit internasional Mandalika di kawasan The Mandalika. Selain melihat langsung progres pembangunan sirkuit jalan raya pertama untuk event MotoGP tersebut, pengecekan dilakukan sebagai bagian penyiapan konsep pengamanan menjelang gelaran World Superbike (WSBK) bulan November mendatang. Kabaharkam didampingi Kapolda NTB, Irjen. Pol. M. Iqbal, berserta sejumlah jenderal lainnya.

‘’Dari awal memang kita sudah rencanakan untuk datang ke sirkuit. Dengan begitu, kedepan kita dapat rancang pengamanan untuk perhelatan MotoGP maupun event – event lainnya,’’ ujar Arief.

Iklan

Kabaharkam Polri Komjen Pol. Arief (lima kiri) bersama Kapolda NTB, Irjen Pol. M. Iqbal, meninjau pembangunan sirkuit Mandalika, Sabtu kemarin, serangkaian kunjungan di NTB.

Dikatakannya, kawasan The Mandalika merupakan kawasan super prioritas. Jadi konsep pengamanan jelas berbeda. Harus benar-benar fokus dan profesional. Karena menjadi perwajahan Indonesia. Sehingga harus benar-benar mendapat perhatian khusus terkait pengamannya.

‘’Kemarin saya sudah arahkan Kapolda NTB untuk menyusun satu konsep pengamanan yang betul-betul fokus dan profesional untuk pengamanan objek wisata super prioritas The Mandalika ini,” kata jenderal bintang tiga ini seraya memberikan apresisiasi kepada Kapolda NTB dan jajaran yang telah  membantu pemerintah daerah dan ITDC dalam menyelesaikan semua masalah di Sirkuit Mandalika. Khususnya yang berkaitan dengan persoalan lahan.

Ia pun menegaskan, sebulan sebelum event WSBK digelar, konsep pengamanan kawasan The Mandalika dan khususnya area sirkuit internasional Mandalika sudah harus rampung. “Tugas Kapolda NTB sekarang membuat konsep pengamanan yang betul-betul representatif sebulan sebelum WSBK terlaksana,” tandas Arif.

Selain mengecek progres pembangunan sirkuit Mandalika, Kabaharkam Polri juga berkesempatan meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal yang di laksanakan Polda NTB bersama empat Polres jajarannya di Pulau Lombok. Dalam vaksinasi massal kali ini, Polda NTB menyiapkan sedikitnya 4.000 dosis vaksin Covid-19.

Vaksinasi massal tersebut merupakan salah satu upaya mendukung percepatan capaian cakupan layanan vaksinasi Covid-19 di NTB, khususnya di Pulau Lombok. Mengingat, target cakupan vaksinai minimal 70 persen sudah harus tercapai sebelum gelaran WSBK. Sebagai persyaratan untuk bisa menggelar WSBK dengan penonton.

Pada kunjungan kali ini, Kabaharkam Polri datang bersama Kakorsabhara Baharkam Polri Irjen. Pol. Drs. Nanang Avianto, M.Si., Waka Polda NTB Brigjen Pol Drs Ruslan Aspan, Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen. Pol. Edy Murbowo, S.I.K., M.Si., Dirpamobvit Baharkam Polri Brigjen. Pol. Suhendri, S.H., S.I.K., Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri Brigjen. Pol. Mohammad Yassin Kosasih, S.I.K., M.Si., serta Kepala Biro Perencanaan dan Administrasi (Karorenmin) Baharkam Polri Brigjen Pol Agung Julianto SIK, MSi. (kir)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional