Cegah Virus Korona dengan Jamu Tradisional

Ilustrasi Jamu (Wikimedia-Commons)

Selong (Suara NTB) – Sampai saat ini, obat-obatan secara medis belum ditemukan untuk mengobati orang yang terpapar Corona Virus Disease (Covid-19). Salah satu cara yang efektif agar bisa terhindar dari corona adalah memperkuat imunitas.

Hal ini disarankan herbalis Lombok Timur (Lotim), H. Sapirin. Kepada Suara NTB, Jumat, 3 April 2020, mantan Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) yang sudah lama menjadi seorang herbalis ini mengatakan cukup dengan meminum jamu-jamu tradisional akan terhindar dari virus corona.

Iklan

Sapirin bahkan menyebutnya jamu anticorona. Jamu tradisional ini siapapun bisa membuatnya. Paling sederhana bahannya adalah, kunyit, temulawak dan jahe. Bisa juga diberikan tambahan batang serih.

Komposisinya, 100 gram kunyit, 50 gram temulawak dan 25 gram jahe. Atau jika dalam komposisi lebih lengkap, jamu anticorona ini bisa dibuat dengan bahan 1 ons kunyit induk, temulawak 1 indukan sebesar telur ayam kampung, 4 batang sereh., dua potong jahe sebesar ibu jari, satu ruas ibu jari kayu manis, madu secukupnya atau gula merah untuk menambah rasa dan empat gelas air mineral.

Cara pembuatannya kata Sapirin cukup sederhana. Kuliti bahan-bahan seperti kunyit, temulawak dan jahe kemudian dicuci bersih. Ketiga bahan tersebut dibakar terlebih dulu lalu dipepes atau ditumbuk . Atau bisa juga dengan cara diiris-iris. Rebus bahan-bahan tersebut dengan air sedang selama 20 sampai 30 menit. Saat mendidih, masukkan sereh dan kayu manis. Matikan api saat air tersisa sekitar ukuran dua gelas.  Kemudian saring airnya dan bisa ditambahkan madu atau gula merah untuk menambah selera. Air jamu bisa langsung diminum.

Pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang saat ini fokus pada praktik pengobatan herbal ini mengatakan, dengan menimum jamu tradisional ini akan bisa meningkatkan daya tahan tubuh.  Bisa terhindar dari serangan virus dan bakteri. Bisa juga meredakan flu, batuk pilek, meriang dan susah tidur. Bakteri dan virus.

“Tidur akan menjadi lebih nyenyak, dan tidak pusing,” ungkapnya. Ramuan-ramuan tradisonal itu juga banyak manfaatnya untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.  Bisa menghilangkan penyakit mag. Temulawak sendiri ampuh juga untuk penderita hepatitis. (rus)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional