Cegah Konflik, Camat dan Kades Diminta Tingkatkan Patroli Bersama

Indah Dhamayanti Putri. (Suara NTB/Dok)

Bima (Suara NTB) – Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri SE, meminta Camat dan Kepala Desa (Kades) untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Desa dan Kecamatannya masing-masing.

“Camat dan Kades harus terus meningkatkan intensitas patroli bersama lintas wilayah,” katanya saat memimpin Rapat Koordinasi dengan Kepala OPD, Kabag dan Camat ruang lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima akhir pekan kemarin.

Iklan

Karena menurutnya, langkah tersebut sangat penting untuk mencegah dini potensi konflik serta memastikan terciptanya kondisi keamanan dan ketertiban di masing-masing Kecamatan dan Desa. “Camat dan Kades harus bahu-membahu untuk melakukan patroli dan melaporkan setiap perkembangan kondisi wilayahnya masing-masing,” katanya.

Disamping itu, Camat dan Kades juga harus mencari solusi serta memecahkan masalah apabila terjadi persoalan antar kelompok masyarakat di wilayahnya masing-masing. “Jangan sampai persoalan yang ada tidak diselesaikan dan berlarut-larut hingga berujung terjadinya konflik terbuka. Yang justru bisa merugikan masyarakat,” katanya.

Pada kesempatan itu, Bupati juga meminta Kepala OPD dan Kabag untuk mengingatkan bawahannya agar tetap fokus melayani masyarakat serta bekerja sesuai tupoksinya masing-masing. “Pelayanan kepada masyarakat harus tetap jalan dan maksimal, meski kita masih dihadapkan dengan kondisi pandemi Covid-19,” ujarnya.

Sementara Kepala Unit Kerja, Pejabat Struktural dan staf, Ia meminta agar bisa saling mendukung. Tidak ada pihak yang mendominasi kegiatan dan harus tetap mengacu tupoksi yang sudah diatur dalam regulasi yang ada. “Komunikasi dan koordinasi secara internal dan lintas sektor harus tetap jalan dan terus ditingkatkan,” pungkasnya. (uki)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional