Cegah Klaster Baru, Prokes Covid-19 di KPU Diperketat

Prokes yang diterapkan di halaman kantor KPU Kabupaten Bima. Nampak sabun dan tempat mencuci tangan yang disediakan KPU setempat. (Suara NTB/Uki)

Bima (Suara NTB) – Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 diberlakukan dengan ketat di kantor KPU Kabupaten Bima. Hal itu terlihat saat mulai dibukanya pendaftaran Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) yang akan mengikuti Pilkada Bima 2020, Jumat, 4 September 2020.

Pantauan Suara NTB, sebelum memasuki kawasan kantor KPU, para pengunjung akan diperiksa oleh para petugas keamanan di beberapa titik. Jika tidak menggunakan masker tidak diizinkan masuk. Begitupun di dalam kantor KPU para pengunjung dibatasi jumlahnya.

Iklan

Selain mewajibkan pengunjung menggunakan masker, di dalam kantor KPU, para pengunjung juga wajib mencuci tangan dengan sabun serta hand sanitizer yang disediakan oleh petugas KPU. Terakhir akan dilakukan tes suhu tubuh.

Ketua KPU Kabupaten Bima, Imran S.Pd. SH menerangkan pihaknya menerapkan Proskes Covid-19 dengan melibatkan Tim Medis Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bima serta pengamanan dibantu aparat gabungan dari TNI/Polri.

“Penerapan Prokes ini berdasarkan arahan KPU Pusat. Setiap tahapan Pilkada akan diterapkan Prokes Covid-19 yang ketat,” katanya.

Lebih lanjut Imran mengaku, saat tahapan pendaftaran Bakal Paslon,  jumlah pengunjung akan dibatasi. Yang bisa masuk ke dalam ruangan hanya Bakal Paslon serta Ketua parpol koalisi pengusung.

“Kita batasi semuanya, termasuk teman-teman media massa. Yang bisa masuk hanya sejumlah orang saja,” katanya.

Ia mengaku, agar masyarakat atau semua pihak bisa menyaksikan prosesi pendaftaran Bakal Paslon,  pihaknya menyediakan sarana virtual dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada. “Pendaftaran bisa disaksikan melalui siaran langsung di Facebook dan Youtebe atau bisa diakses di website resmi KPU Kabupaten Bima,” katanya.

Sementara Kapolres Bima, AKBP Gunawan Tri Hatmoyo S.IK menegaskan pihaknya bertugas mengamankan agar tahapan Pilkada Kabupaten 2020 berjalan lancar dan aman. Termasuk memberikan himbauan kepada semua pihak menerapkan prokes Covid-19.

Gunawan mengimbau bakal Paslon yang akan mengikuti Pilkada Kabupaten Bima agar terus mengingatkan simpatisan dan para pendukungnya agar tetap menerapkan Prokes Covid-19, salahsatunya menggunakan masker. “Perketat Prokes Covid-19, jangan sampai ada klaster baru Covid-19 ini,” katanya.

Dalam mengamanakan proses pendaftaran Bakal Paslon, Gunawan menambahkan pihaknya menerjunkan sebanyak 170 personil yang tersebar di beberapa titik. Mereka terdiri dari aparat gabungan TNI/Polri, Brimob dan Sat Pol PP. “Kita juga menyediakan pasukan cadangan untuk membantu back up. Kita berharap keamanan semua tahapan Pilkada Kabupaten Bima bisa dijaga bersama,” harapnya. (uki)